Ikan Pedang Cina Ini Dinyatakan Punah

Ikan Pedang Cina Ini Dinyatakan Punah

Riauaktual.com - Paddlefish Cina, salah satu spesies ikan air tawar terbesar di dunia telah dinyatakan punah. Ikan ini berasal dari ekosistem Sungai Yangtze.

Ikan ini juga dikenal sebagai ikan pedang Cina. Spesies ini dapat tumbuh hingga 7 meter dan diyakini telah menghilang antara 2005 dan 2010, dikutip dari Asia One, Minggu (5/1/2020).

Ilmuwan Cina membuat pengumuman dalam makalah penelitian yang diterbitkan dalam Science of the Total Environment minggu lalu.

Wei Qiwei, salah satu penulis, mengatakan kesimpulan itu didasarkan pada evaluasi oleh panel ahli yang diatur oleh Uni Internasional untuk Konservasi Alam di Shanghai pada bulan September.

"Kami menghormati model evaluasi dan para ahli dari IUCN, meskipun kami menerima hasil ini dengan hati yang berat," ujar Wei, dari Akademi Ilmu Pengetahuan Perikanan Cina di Wuhan.

Ini adalah bencana terbaru untuk ekosistem Sungai Yangtze yang seluas 6.300km. Dua spesies lain yang berasal dari sungai terpanjang di Asia telah dinyatakan punah secara fungsional - the reeves shad, sejenis ikan, pada 2015 dan baiji, atau lumba-lumba Sungai Yangtze, pada 2006.

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index