ils (int)

Kesal, Danrem Perintahkan Pelaku Karhutla Tembak Ditempat

Kamis,16 Agustus 2018 - 20:17:29 WIB Di Baca : 1210 Kali

Riauaktual.com - Komandan Satuan Tugas (Satgas) penanggulangan bencana Kebakaran hutan dan lahan (Karhutla). Akhirnya mengambil sikap tegas, agar pelaku pembakaran lahan ditembak ditempat.

Upaya yang dilakukan, Danrem 031/WB Brigjen TNI Sonny Aprianto SE dengan menurunkan 1 Kompi Prajurit TNI, untuk memburu pelakunya.

Ketegasan ini disampaikan Danrem, Kamis (16/8/2018) sore. Keputusan ini merupakan buntut, beberapa hari sebelumnya sering terjadi Karhutla.

Loading...

''Satu kompi atau 100 personel TNI yang dikerahkan itu dari jajaran Kodim 0320 Dumai. Prajurit-prajurit tersebut dikerahkan ke Kabupaten Rohil,'' sebut Danrem.

Untuk memutuskan sikap tegas ini, Danrem mengaku sudah berkoordinasi dengan Bapak Kapolda.

''Saya sebagai Komandan Satgas Karhutla menyatakan, apabila kedapatan membakar lahan, maka langsung tembak di tempat,'' tegasnya.

Tindakan tegas, disinyalir beberapa hari belakangan, Karhutla paling dominan terjadi di Rohil. Buktinya, sesuai data BMKG tingginya angka titik panas (Hotspot) yang hampir mencapai ratusan sejak beberapa hari lalu.

Bahkan akibat Karhutla, ada peristiwa terbakarnya 17 rumah pondok masyarakat, dan 2 sepeda motor serta satu unit mobil.

''Imbauan sudah sering kita sampaikan, dan juga ada edukasi. Tapi tetap saja ada (pembakaran lahan dengan sengaja). Bahkan makin marak,'' sesal Jenderal TNI bintang satu tersebut.

Menurutnya, 99 persen terjadinya karhutla disebabkan ulah tangan manusia, baik disengaja dibakar atau tidak.

''Apabila diperlukan, saya turunkan satu batalion,'' pungkas Danrem 031 Wirabima tersebut. (HA)


Share Tweet Google + Cetak

Tulis KomentarIndex
Follow Kami Index
FOLLOW Twitter @riauaktual dan LIKE Halaman Facebook: RiauAktual.com



Loading...