Beruang Terkam Petani Karet di Rohul

Beruang Terkam Petani Karet di Rohul
Dasril korban terkaman beruang saat dirawat di RS Ujung Batu, Rohul, Senin (16/4). Foto Humas Polda Riau

Riauaktual.com - Konflik hewan buas dengan manusia kembali terjadi di Provinsi Riau.

Sebelumnya, harimau sumatera di Indragiri Hilir (Inhil) dan buaya di Kepulauan Meranti menerkam manusia.

Kali ini, beruang menerkam warga di Dusun Dusun Lubuk Ulat Desa Cipang Kiri Kecamatan Rokan IV Koto, Minggu (15/4) sekitar pukul 08.00 WIB.

Kabid Humas Polda Riau, Kombes Pol Guntur Aryo Tejo pada Wartawan, Senin (16/4) menuturkan, korban diserang beruang bernama Dasril (38).

"Korban mengalami luka pada paha sebelah kiri akibat terkaman beruang. Kondisi korban saat ini sudah mulai membaik. Korban dirawat di Rumah Sakit Ujung Batu, Rohul," jelas Guntur.

Dia mengatakan, Dasril diterkam beruang saat akan menderes karet di kebunnya di Sungai Langsing.

Dalam perjalanan sekitar 2 kilometer, korban bertemu dengan dua ekor beruang.

Salah satu beruang langsung mengejar korban. Lalu, korban mengambil parang yang terikat di pinggangnya membacok kepala beruang.

"Beruang yang terluka langsung lari ke semak. Tapi beruang yang satu lagi juga ikut menerkam korban. Sehingga, beruang menerkam paha kiri korban," kata Guntur.

Usai menerkam korban, kata dia, beruang langsung lari ke semak. Sedangkan korban bersimbah darah akibat gigitan beruang tersebut.

Selanjutnya, korban berjalan menggunakan tongkat untuk balik ke rumah.

Dalam perjalanan, dua orang warga lainnya, Sukardi (40) dan Ali Imran (43) melihat korban pincang dan berdarah.

"Kedua saksi langsung membantu membawa korban ke Dusun Lubuk Ulat. Kemudian, korban di bawa ke RS Ujung Batu," kata Guntur.

Terpisah, Humas Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Riau, Dian Indriati ketika dikonfirmasi Riauaktual.com, mengaku sudah mendapat informasi terkait konflik beruang di Rohul tersebut.

"Ya, kita sudah dapat informasi. Pimpinan sudah memerintahkan anggota untuk melakukan pengecekan ke lokasi," jawab Dian, Senin (16/4). (IG)

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index