Partisipasi Sinarmas Forestry Membantu Satgas Kabut Asap

Partisipasi Sinarmas Forestry Membantu Satgas Kabut Asap
Memadamkan kebakaran lahan. FOTO: int

PEKANBARU, RiauAktual.com - Perusahaan pemegang Hutan Tanaman Industri (HTI) Sinarmas Forestry berupaya terlibat membantu Satuan Tugas Tanggap Darurat Penaggulangan Kabut Asap di Riau dengan mengirimkan dua helikopter.

Ketua Satgas Tanggap Darurat Brigjen Teguh Raharjdo di Pekanbaru, Rabu (26/6) kemarin mengatakan, dua heli Sinarmas tersebut difungsikan melakukan pengeboman air dari udara untuk memadamkan kebakaran lahan di Dumai, Duri, dan Tanah Putih Kabupaten Rokan Hilir.

Selain heli, pihak Sinarmas juga menyerahkan 30 unit mesin pompa air lengkap dengan selang.

Menurut Teguh yang juga Danrem 031 Wira Bima Pekanbaru, Riau ini, pompa air itu untuk melengkapi peralatan prajurit Kostrad, Marinir, dan Brimob yang diterjunkan memadamkan kebakaran lahan di Dumai, Duri, dan Tanah Putih.

Idealnya, lanjut Teguh, setiap peleton yang beranggotakan 30 prajurit memiliki satu mesin pompa air. Artinya, dari 2.000 prajurit yang diterjunkan, dibutuhkan sekitar 70 unit pompa air.

Puluhan pompa air dari Sinarmas Forestry tersebut diserahkan di depan markas Satgas Penanggulangan Kabut Asap.

Dari pantauan, terlihat sejumlah instruktur Regu Pemadam Kebakaran Sinarmas Forestry memberi pelatihan singkat kepada prajurit Kostrad dan Brimob mengenai penggunaan selang serta pompa air dalam upaya pemadaman kebakaran lahan.

Laporan: Can
Editor: Riki

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index