Lanud Rsn Pekanbaru Kirim 6 Pesawat Tempur Pada Latihan Cope West 2018

Lanud Rsn Pekanbaru Kirim 6 Pesawat Tempur Pada Latihan Cope West 2018
Pesawat Tempur Lanud Rsn Pekanbaru dan USAF melaksanakan latihan di Lanud Sam Ratulangi, Manado, Senin (13/3). Foto Pentak Lanud Rsn

Riauaktual.com - Sebanyak 6 pesawat tempur F-16 Skadron Udara 16 Lanud Roesmin Nurjadin (Rsn) Pekanbaru, mengikuti latihan di Lanud Sam Ratulangi, Manado.

Latihan itu dilakukan bersama dengan United States Air Force (USAF) bersandi Cope West dan Spear Iron 2018 ini.

"Latma (latihan bersama) ini akan digelar selama dua pekan dengan USAF," kata Danlanud Rsn Pekanbaru, Marsma TNI Age Wiraksono, Rabu (14/3/2018).

Dia menjelaskan, pesawat tempur yang terlibat dalam latihan ini terdiri dari 6 unit F-16 Lanud Rsn Pekanbaru dan 6 pesawat tempur dari 13th Fighter Squadron USAF yang home basenya di Misawa Jepang. Sedangkan jumlah personel dari kedua angkatan udara ini, sebanyak 300 orang.

"Saya berpesan, kepada seluruh personel yang terlibat latihan untuk selalu mengutamakan faktor safety, kewaspadaan dan keamanan," kata Age.

Dia berharap, seluruh rangkaian kegiatan latihan dapat berjalan dengan baik dan lancar. Sehingga, alutsista yang digunakan dan personel dari dua angkatan udara kembali ke home base dalam kondisi baik.

Age menyebutkan, latihan TNI AU dengan USAF dibuka resmi oleh Wakil Asisten Operasi (Waasops) Kasau Marsekal Pertama (Marsma) TNI Anang Nurhadi dalam sebuah upacara militer di Apron Lanud Sam Ratulangi Manado, Senin (12/3) kemarin.

Dalam hal itu, Marsma Anang selaku direktur latihan mengatakan bahwa tujuan dari latih ini untuk meningkatkan profesionalisme dan kemampuan personel penerbangan dari TNI AU dan USAF.

Selain itu, melalui latihan ini dapat mempererat hubungan silaturahmi antara TNI AU dan USAF kedepannya. (IG)

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index