4 Hal yang Perlu Dimiliki Jika Mau Mapan Secara Finansial

4 Hal yang Perlu Dimiliki Jika Mau Mapan Secara Finansial
ilustrasi

Riauaktual.com - Pengelolaan dan perencanaan keuangan yang baik menjadi kunci utama untuk masa depan yang lebih baik. Orang-orang mungkin belum menyadari betapa pentingnya mengelola keuangan dan masih saja menghambur-hamburkan pendapatan yang dimilikinya.

Padahal, kemapanan ekonomi akan berdampak pada keberlangsungan hidupmu di masa depan. Memiliki sejumlah instrumen keuangan merupakan cara terbaik untuk menyelamatkan pendapatan. Pertanyaannya, instrumen keuangan seperti apa yang harus dimiliki? Simak informasinya berikut ini.

1. Tabungan

Menabung mungkin sudah diajarkan sejak kecil agar diri semakin terbiasa untuk menabung hingga dewasa nanti. Namun, apa daya, gaya hidup yang semakin tinggi membuat eksistensi tabungan mulai ditinggalkan. Banyak masyarakat yang bahkan tidak peduli pada nominal yang ada pada buku tabungan.

Keinginan menabung mungkin sering muncul dalam diri Anda. Namun, sering tertunda akibat godaan yang ada di sekitar. Kalau alasannya demikian, Anda perlu menerapkan sistem autodebet. Jadi, setiap kali tanggal gajian tiba, sebagian gaji Anda akan secara otomatis dimasukkan ke rekening tabungan. Keinginan untuk berfoya-foya pun akan berkurang karena jumlah uang tunai yang ada tidak sebanyak dulu lagi.

2. Investasi

Selain tabungan, Anda juga harus memerhatikan instrumen keuangan lainnya semisal investasi. Investasi dipercaya menjadi penyelamat keadaan finansial mengingat grafik investasi yang terus-menerus mengalami kenaikan. Return atau imbal hasil yang diperoleh bisa mencapai 30% dari jumlah yang diinvestasikan.

Investasi sudah menjadi tren masyarakat di era modern. Entah itu pekerja ataupun mahasiswa, keduanya menjadikan investasi sebagai suatu alat untuk menambah pemasukan setiap bulan. Tidak dapat dimungkiri, investasi memang memiliki tingkat risiko yang cukup tinggi. Namun, Anda dapat mengurangi terjadinya risiko kerugian dengan selalu memantau aset yang diinvestasikan.

Investasi yang bagus ialah investasi yang disesuaikan dengan kebutuhan dan tujuan di masa depan. Jangan khawatir dengan jumlah yang diinvestasikan. Pasalnya, dengan uang Rp100 ribu, Anda sudah bisa bergabung pada investasi jenis saham.

3. Dana Darurat

Dana darurat sama pentingnya seperti tabungan. Instrumen keuangan ini berguna sebagai jaminan untuk membiayai kejadian atau peristiwa yang terjadi secara mendadak. Simpanan ini secara tidak langsung akan menjauhkan diri Anda dari kebiasaan berutang ke sana ke sini jika suatu saat musibah buruk menimpa Anda.

Selain membiayai kejadian mendadak, dana darurat yang tidak terpakai juga dapat dimanfaatkan sebagai investasi di hari tua. Anda dapat menggunakan sebagian dana darurat untuk membeli rumah, apartemen, ataupun kendaraan jika dibutuhkan.

Persentase dana darurat yang harus dikumpulkan sangat beragam. Mulai dari 10-20% dari total penghasilan yang Anda peroleh setiap bulan. Persentase ini tidak mutlak. Artinya, tetap menyesuaikan dengan keadaan ekonomi. Jika persentase 10-20% terlalu banyak. Setidaknya, Anda menyisihkan setengah dari jumlah pengeluaran per bulan untuk kebutuhan dana darurat.

4. Asuransi

Banyak orang yang kurang sadar betapa pentingnya proteksi atau perlindungan terhadap diri sendiri sehingga mereka mengabaikan eksistensi dari asuransi. Sebagian dari mereka mungkin sudah bergabung pada asuransi yang disediakan perusahaan tempat mereka bekerja. Namun, apakah itu cukup? Bukankah semakin banyak jenis asuransi yang dimiliki semakin baik hasilnya?

Apabila Anda sudah bergabung ke asuransi kesehatan di kantor, tidak ada salahnya untuk mengambil jenis asuransi lain, misalnya asuransi jiwa. Meskipun sama-sama bergelar asuransi, keduanya memiliki manfaat yang berbeda. Asuransi kesehatan digunakan untuk membiayai perobatan saat Anda jatuh sakit.

Sementara asuransi jiwa digunakan sebagai jaminan selama Anda hidup di dunia. Jika suatu saat Anda harus meninggalkan dunia ini, setidaknya punya sedikit cadangan simpanan untuk diberikan kepada keluarga yang ditinggalkan, yaitu asuransi jiwa.

Keuntungan Maksimal Jika Dimulai Sejak Dini

Tidak perlu menunggu kaya raya baru mempedulikan instrumen keuangan. Mengatur keuangan dapat dimulai kapan saja, bebas. Meskipun penghasilan pas-pasan, Anda tetap dapat bergabung pada satu, dua, tiga, atau bahkan keempat instrumen keuangan di atas.

“Di mana ada niat, disitu ada jalan”. Jika Anda bersikeras untuk mewujudkan keadaan ekonomi masa depan yang mapan, mulailah dari sekarang. Semakin cepat dimulai, semakin maksimal keuntungan yang akan diperoleh. (Wan)

 

Sumber: okezone.com

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index