Tombol Downvote Facebook Dinilai Tak Sanggup Melawan Hoax

Tombol Downvote Facebook Dinilai Tak Sanggup Melawan Hoax
ilustrasi (int)

Riauaktual.com -  Facebook belum lama ini meluncurkan alat baru yang memungkinkan penggunanya menyembunyikan sebuah konten dari situsnya. Namanya "Downvote".

Menurut sebuah laporan yang diterbitkan oleh TechCrunch, Facebook sedang bereksperimen dengan tombol Downvote, tapi dalam praktiknya itu hanya sebuah tombol "laporan".

Sebagian besar dari kita mungkin mengaitkan gagasan Downvote dengan situs Reddit, tapi implementasi di Facebook sangat berbeda. Alih-alih digunakan untuk mempromosikan atau menghapus relevansi item tertentu, ternyata tombol itu hanya laporan untuk memberi tahu Facebook tentang konten yang tidak pantas.

Tombol Downvote tidak benar-benar melakukan tindakan yang sama seperti yang kita asosiasikan dengan "downvote". Karena itu nama yang dipilih Facebook dianggap tidak cocok dengan fungsinya.

Menurut TechCrunch, setelah seseorang mengklik tombol Downvote, komentar disembunyikan dan konteks untuk tindakan diminta. Yakni memberi Anda pilihan untuk melaporkan komentar dalam kategori tertentu seperti "menyinggung," "menyesatkan," dan "tidak aktif tema".

Fitur baru itu sendiri baru sebatas program beta yang diberlakukan di Amerika Serikat. Ini salah satu bagian dari upaya terbaru Facebook untuk memperbaiki diri dari berita hoax atau fake.

Facebook sendiri bersikukuh bahwa tombol baru tersebut bukan tombol "tidak suka". Apapun hasil tes ini, tombol laporan baru Downvote dianggap kurang tepat untuk melawan berita bohong.

 

Sumber : sindonews.com

 

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index