36 Personel Lanud Roesmin Nurjadin Pekanbaru Berlatih Survival

36 Personel Lanud Roesmin Nurjadin Pekanbaru Berlatih Survival
Peserta latihan Survival sedang melaksanakan latihan survival di Danau Buatan Pekanbaru, Foto Pentak Lanud Rsn

Riauaktual.com - Sebanyak 36 personel Lanud Roesmin Nurjadin (Rsn) Pekanbaru, mengadakan latihan survival di Danau Buatan, Pekanbaru, Riau.

Kegiatan yang bersandi Lancang Kuning 18 ini, berlangsung selama dua hari yakni Jumat dan penutupan Sabtu (10/2/2018), yang dihadiri langsung oleh Danlanud Rsn Pekanbaru, Marsma TNI Age Wiraksono.

Danwing 6 Lanud Rsn Pekanbaru, Kolonel Pnb Radar Soeharsono menyampaikan, sebelum pelaksanaan kegiatan latihan, para peserta telah mendapatkan pembekalan materi mengenai bagaimana cara mempertahankan hidup baik di darat maupun di laut, yang akan diaplikasikan saat latihan.

"Total personel yang terlibat dalam kegiatan latihan ini sendiri berjumlah 150 orang, yang terdiri dari para peserta, pelatih dan komando latihan. Dan juga melibatkan satu unit heli," kata Radar, Minggu (11/2/2018).

Sementara itu, Danlanud Rsn Pekanbaru, Age Wiraksono mengatakan bahwa tidak tertutup kemungkinan akan menghadapi sebuah kondisi darurat atau emergency yang mengharuskan diri untuk dapat mengatasinya serta mempertahankan hidup.

"Untuk itulah latihan ini dilaksanakan, agar para personel dapat me-refresh kembali pengetahuan basic atau dasar mengenai hal-hal apa saja yang harus diketahui agar dapat survive," ungkap Age.

Dia mengucapkan selamat kepada para peserta yang telah menyelesaikan latihan, karena banyak pengetahuan yang sudah di refresh kembali selama kegiatan.

"Untuk itu, kepada para peserta tolong tanamkan dalam diri apa yang sudah di dapat, kemudian karena ilmu survival bukanlah ilmu statis, terus perkayalah pengetahuan diri tentang survival dari literatur lain," tambah Age.

Dalam kesempatan ini Danlanud juga menyampaikan terima kasih kepada seluruh pelatih, pendukung dan panitia latihan, atas usaha dan kerja kerasnya sehingga latihan dapat  berjalan dengan berhasil dan sukses.

"Namun review dan evaluasi tetap harus dilaksanakan, melihat apa kelebihan dan kekurangan saat latihan serta hal apa saja yang dapat dikembangkan selanjutnya, sehingga latihan ini akan menjadi lebih dinamis dan lebih baik di masa depan," tutup Age Wiraksono.(IG)

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index