Cegat Drone Iran, Jet Israel Ditembak Jatuh Suriah

Cegat Drone Iran, Jet Israel Ditembak Jatuh Suriah
Suriah berhasil menembak jatuh jet Israel setelah berhasil mencegat drone Iran. Foto/Sindonews.com

Riauaktual.com - Senjata anti pesawat Suriah menembak jatuh sebuah jet Israel setelah sebelumnya mencegat pesawat tak berawak atau drone Iran. Drones tersebut diluncurkan dari Suriah.

Rekaman dari Israel utara menunjukkan apa yang tampaknya seperti puing-puing pesawat berwarna putih berserakan di tanah.

Ini adalah salah satu insiden paling serius yang melibatkan Israel, Iran dan Suriah sejak awal perang saudara di negara itu hampir delapan tahun yang lalu.

"Sebuah helikopter tempur berhasil mencegat UAV Iran yang diluncurkan dari Suriah dan menyusup ke Israel," kata militer Israel dalam sebuah pernyataan.

"IDF (Pasukan Pertahanan Israel) telah menargetkan sistem kontrol Iran di Suriah yang mengirim #UAV ke wilayah udara Israel. Senjata anti pesawat Suriah menyerang secara masif, satu pesawat F-16 jatuh di Israel, pilot selamat," kata juru bicara militer Israel, Letnan Kolonel Jonathan Conricu, di Twitter seperti dikutip dari Reuters, Sabtu (10/2/2018).

Media pemerintah Suriah mengutip sebuah sumber militer mengatakan bahwa pertahanan udara Suriah telah melepaskan tembakan sebagai tanggapan atas tindakan agresi Israel terhadap sebuah pangkalan militer dan menembak lebih dari satu pesawat.

"Israel melakukan agresi baru saat fajar hari ini terhadap salah satu pangkalan militer di wilayah tengah. Pertahanan udara kami menghadapinya dan menembak lebih dari satu pesawat," ujar sumber militer yang tidak dikenal itu.

Media Israel mengatakan bahwa jet tersebut jatuh di Israel utara.

Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu melakukan kunjungan langka ke Israel-Suriah pada hari Selasa depan dan memperingatkan musuh-musuh Israel untuk tidak menguji tekadnya. Ia tidak menyebut nama Iran atau sekutu milisi Lebanonnya, Hizbullah, keduanya adalah pemain utama dalam perang sipil Suriah.

Netanyahu telah memperingatkan terhadap upaya Iran untuk memperdalam pijakan militernya di Suriah atau membangun pabrik rudal di negara tetangga Lebanon.

Israel telah melihat kekerasan yang meluas dari perang saudara Suriah. Negara Zionis ini telah beberapa kali menembaki Suriah untuk menggagalkan apa yang dianggap sebagai serangan lintas batas yang disengaja. Israel juga telah menyergap pengiriman senjata Hizbullah sekitar 100 kali selama perang saudara. (Wan)

 

Sumber: Sindonews.com

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index