Serangan Koalisi AS Tewaskan 100 Personel Pro-Assad di Suriah

Serangan Koalisi AS Tewaskan 100 Personel Pro-Assad di Suriah
Foto: Reuters

Riauaktual.com - Koalisi anti-ISIS pimpinan Amerika Serikat melancarkan serangan terhadap pasukan yang setia pada Presiden Suriah Bashar al-Assad. Militer AS memperkirakan lebih dari 100 personel pro-pemerintah Suriah tewas dalam serangan tersebut.

Militer AS atau Central Command (CENTCOM) menyatakan, serangan-serangan tersebut dilakukan untuk merespons "serangan tidak beralasan terhadap markas-markas Pasukan Demokratik Suriah (SDF).

Menurut CENTCOM, pasukan koalisi AS dan sekutu serta pemberontak SDF awalnya diserang oleh pasukan loyalis Assad. "Koalisi melakukan serangan-serangan terhadap pasukan penyerang untuk menghalau aksi agresi," demikian disampaikan CENTCOM.
 

"Kami memperkirakan lebih dari 100 personel pro-rezim Suriah tewas saat berhadapan dengan SDF (pemberontak Suriah) dan pasukan koalisi," ujar seorang pejabat militer AS seperti dilansir kantor berita AFP, Kamis (8/2/2018).

Diimbuhkan pejabat tersebut, seorang anggota SDF terluka dalam serangan tersebut. Serangan itu dimulai pada Rabu (7/2) waktu setempat dengan melibatkan sekitar 500 personel pasukan pro-rezim yang bersenjatakan tank-tank, artileri dan mortir.

Menurut pejabat tersebut, SDF dan koalisi menyerang pasukan pro-rezim Suriah dengan serangan-serangan udara dan artileri setelah "20 hingga 30 tembakan artileri dan tank mendarat dalam jarak 500 meter dari lokasi markas besar SDF."

SDF yang merupakan aliansi petempur Kurdi dan Arab, tengah berupaya membersihkan para militan terakhir ISIS terakhir dari tepi timur Efrat, dengan didukung koalisi AS. (Wan)

 

Sumber: detik.com

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index