RS Syafira Adakan Senam Pernafasan Gratis Setiap Sabtu

RS Syafira Adakan Senam Pernafasan Gratis Setiap Sabtu
Senam Pernafasan Gratis di RS Syafira. FOTO: Riki

PEKANBARU (RA) - Guna menjaga kesehatan secara bersama Rumah Sakit Syafira sengaja membuat program baru, dalam bentuk kegiatan rutin mengajak seluruh masyarakat Pekanbaru untuk bisa melakukan senam pernapasan setiap Sabtu pagi yang dilakukan di pelataran belakang RS Syafira Jalan Jendral Sudirman.

Kegiatan perdana senam pernapasan sudah dimulai sejak Sabtu (16/3/2013) kemarin dan diikuti oleh ratusan orang yang berasal dari masyarakat sekitar, karyawan RS Syafira, beberapa dokter yang biasa praktek di RS Syafira dan juga diikuti oleh club senam asma yang ada, mulai dari club senam asma RS Ibnu Sina, Santa Maria, RSUD Arifin Ahmad, Puskesmas Rumbai dan Club Plus Lembayung.

Humas RS Syafira Yulmizen ketika dikonfirmasi pada Ahad (17/03/2013) mengatakan, senam pernapasan ini adalah kegiatan rutin yang akan dilakukan oleh RS Syafira. Senam pernapasan adalah olahraga pilihan untuk orang penderita asma, namun masyarkat yang ingin menjaga kesehatan juga bisa mengikuti senam kesehatan tersebut.

''Senam kesehatan yang dilakukan setiap Sabtu ini terbuka untuk siapa saja masyarakat yang ingin ikut tanpa dipungut biaya sepeserpun. Senam kesehatan dilakukan mulai pukul 07.00 WIB hingga pukul 08.00 WIB, yang ikut senam gratis pemerikasaan tensi gula darah sewaktu,'' ujar Mizen.

Diungkapkan Mizen, dengan menghadirkan instruktur senam yang handal dibidangnya dan juga diikuti oleh dokter-dokter praktek RS Syafira, pihaknya himbau masyarakat untuk bisa mengikuti senam pernapasan ini setiap Sabtu mulai pukul 07.00 WIB. ''Senam pernapasan sangat penting untuk olahraga penderita asma, dan bertujuan melatih cara bernafas yang benar, melenturkan dan memperkuat otot pernapasan, melatih ekspektorasi yang efektif meningkatkan sirkulasi mempertahankan asma terkontrol, menjadikan kwalitas hidup lebih baik,'' jelas Mizen lagi.

Ditambahkan Mizen, senam pernapasan tidak boleh dilakukan sembarangan. Beberapa syarat bagi orang yang akan mengikuti senam pernapasan diantaranya tidak dalam serangan asma, sesak dan batuk tidak dalam serangan jantung dan tidak dalam keadaan serangan jantung dan stamina menurun akibat flu dan kurang tidur.

Sementara itu, Dirut RS Syafira, dr Irana Oktavia yang juga mengikuti senam pernapasan perdana pada Sabtu kemarin, dalam sambutannya berharap kegiatan senam pernapasan yang merupakan kegiatan rutin ini bisa betul berjalan maksimal dan masyarakat juga bisa mengikutinya secara bersama.

''RS Syafia menawarkan untuk bisa hidup sehat bersama masyarakat dan berharap bisa diikuti masyarakat dalam bentuk senam pernapasan,'' harap Irana dalam sambutannya.

Laporan: Riki

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index