Hal berbahaya yang terjadi pada jantung saat kamu merokok

Hal berbahaya yang terjadi pada jantung saat kamu merokok
Ilustrasi merokok. ©2012 Merdeka.com

Riauaktual.com - Menurut data yang dirilis oleh WHO di tahun 2017, terdapat 17,5 juta orang yang menderita penyakit jantung. Dan sebagian besar disebabkan oleh kebiasaan merokok.

Sebenarnya, apa yang dialami oleh jantung saat kamu merokok? Dilansir dari thehealthsite.com, ini penjelasannya.

- Saat kamu merokok, bahan kimia yang terkandung di dalam rokok akan dilepaskan. Zat ini bisa mempengaruhi komposisi darah dan pembuluh darah. Akibatnya, darah akan mengental dan pembuluh darah menebal. Sehingga pembekuan darah mudah terjadi.
    
- Merokok juga akan merusak lapisan pembuluh darah dan menyebabkan peningkatan deposit lemak di arteri. Hal ini bisa berdampak buruk pada meningkatnya lipit dan bisa membuat risiko penyakit jantung koroner meningkat.
    
- Nikotin dalam rokok bisa meningkatkan tekanan darah dan detak jantung. Hal tersebut membuatmu berisiko tinggi untuk terkena serangan jantung dan stroke. Menurut CDC atau Center for Disease Control, perokok berisiko tinggi untuk kena penyakit jantung koroner dan stroke sebanyak 2-4 kali lipat dibandingkan dengan mereka yang tidak merokok.
    
- Selain fakta tersebut, penelitian ini juga menemukan bahwa saat seseorang berhenti merokok selama 15 tahun, maka risiko untuk kena serangan jantung berada pada tingkat yang sama dengan orang yang tidak pernah merokok.

Melihat akan bahaya dari merokok, apakah kamu masih akan meneruskan kebiasaan ini?

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index