BPS Riau Rekrut Ribuan Tenaga Sensus Pertanian

BPS Riau Rekrut Ribuan Tenaga Sensus Pertanian
ilustrasi sensus pertanian 2013. FOTO: int

RIAU (RA) - Sensus pertanian yang akan dilakukan tanggal 1-31 Mei 2013 membutuhkan ribuan tenaga pencacah. Untuk itu Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Riau akan merekrut 6.048 tenaga pencacah. Untuk proses sosialisasi sendiri BPS sudah mulai melakukannya terhitung tanggal 1 Maret kemarin.

Demikian hal ini dikatakan oleh Kabid Statistik Produksi BPS Riau R Moch Haryono saat dikonfirmsai melalui selulernya, Ahad (03/03/2013). Dikatakannya, 6.048 petugas sensus nanti akan ditempatkan di seluruh block sensus.

"Ada 15.683 block sensus pertanian tahun ini yang akan dicacah oleh 1.512 tim dengan masing-masing  tim terdapat 4 orang, saat ini BPS Kabupaten/Kota sedang melakukan perekrutan petugas pencacah. Silahkan ke BPS Kabupaten/Kota masing-masing untuk mendaftar, syaratnya pendidikan minimal SMA, usia berkisar di bawah 45 tahun," urainya.

Ditambahkannya, seleksi petugas akan dilakukan di masing-masing kota. Bagi pegawai dan PNS boleh ikut tetapi ada surat persetujuan dari tempat bekerja. Petugas yang direkrut ini nantinya akan bertugas sebulan penuh mencacah petani. Mereka diikat kontrak kerja, jika melanggar perjanjian akan mendapat sanksi.

"Sensus pertanian ini digelar sekali 10 tahun, tahun ini gelaran yang ke-6 sejak dimulai tahun 1963. Selain untuk mendapat data yang konferensif sensus juga berfungsi untuk memperbaharui data yang ada. Selain data luas panen juga akan dikumpulkan data produktifitas dan data usaha pertanian," tambahnya.

Laporan: Ver
Editor: Riki

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index