Didominasi Korsel, Indonesia Tunduk 0-4

Didominasi Korsel, Indonesia Tunduk 0-4

Riauaktual.com - Indonesia tak berdaya di hadapan Korea Selatan. Korsel tampil mendominasi dari awal sampai akhir untuk menghempaskan Indonesia empat gol tanpa balas.

Memainkan laga Grup F di Paju Public Stadium, Paju, Sabtu (11/4/2017) siang WIB, pertandingan sebagian bersar berjalan satu arah. Indonesia sendiri kesulitan menciptakan peluang.

Sepanjang pertandingan, Korsel menciptakan begitu banyak peluang. Namun hanya satu yang berbuah gol di babak pertama yang dicetak Hwang Taehyeon untuk menandai Korsel unggul 1-0.

Selepas jeda, Korsel tidak menurunkan intensitasnya sehingga bisa mencetak tiga gol lain dari Um Wonsang (2) dan Lee Hyunwoo.

Dengan hasil ini, Indonesia turun ke peringkat ketiga klasemen sementara dengan enam poin hasil tiga pertandingan, di bawah Korsel dan Malaysia yang mempunyai poin yang sama. Di pertandingan terakhir, Indonesia akan menghadapi Malaysia 6 November.


Jalannya Pertandingan

Pelanggaran terhadap Egy Maulana Vikri di pinggir kotak penalti menghasilkan tendangan bebas bagi Indonesia di menit keempat. Eksekusi Saddil Ramdani melambung tinggi di atas mistar gawang.

Korsel lantas menekan. Serangan Korsel langsung membuahkan hasil. Dari umpan silang di sisi kanan pertahanan Indonesia, kiper Muchamad Aqil Savik gagal mengantispasi bola dengan tepat sehingga disambar Hwang Taehyeon untuk membawa Korsel memimpin 1-0.

Indonesia nyaris menyamakan skor di menit 12. Dari kesalahan lini belakang Korsel, Hanis Saghara Putra mendapatkan bola liar di dalam kotak penalti. Saat, kiper lawan sudah keluar sarang, tembakan Hanis malah melebar.

Korsel semakin agresif. Di menit 18, dua peluang dilancarkan Korsel tapi masih bisa digagalkan Aqil Savik. Sementara itu, Indonesia kesulitan untuk mengembangkan permainan.

Korsel terus leluasa mengancam pertahanan Indonesia. Di menit 28, Rachmat Irianto menyapu bola dari garis gawang dan Aqil menangkis tusukan Um Wonsang dari sisi kiri pertahanan Indonesia.

Setelah berkali-kali diserang, Indonesia akhirnya mendapatkan peluang di menit 35. Akan tetapi, tendangan Rifad Marasabessy diblok bek Korsel. 

Memasuki menit-menit akhir, agresivitas Korsel menurun. Indonesia bisa keluar dari tekanan dan menciptakan peluang di menit 44. Umpan silang Egy menemui Saddil, tapi penyelesaian pemain yang disebut kedua terlalu buru-buru sehingga bola hanya melambung.

Korsel nyaris menggandakan skor, tidak lama sebelum babak pertama berakhir. Dari umpan silang, Oh Sehun menanduk bola yang diteruskan Jeon Wooyeong dengan sundulan dari jarak dekat. Aqil masih bisa menangkap bola. Skor 1-0 bertahan sampai turun minum.

Korsel mendapatkan peluang terbaiknya di menit 53. Umpan lambung dari sisi kiri bisa dimankan, tapi bola jatuh ke jalur Jeon Sejin yang meneruskannya dengan tembakan keras yang mengalahkan penjagaan Aqil. Namun, bola hanya membentur tiang gawang.

Enam menit kemudian, Korsel akhirnya mendapatkan gol kedua yang ditunggu-tunggu. Dari sisi kiri, Lee Kyuhyuk mengirim umpan silang yang ditanduk Um Wonsang untuk mengubah kedudukan menjadi 2-0 dari Indonesia.

Korsel kini memimpin 3-0 atas Indonesia. Di menit 61, Um Wonsang mencetak gol keduanya di pertandingan ini setelah memanfaatkan kelengahan Indonesia. 

Diawali dari tendangan gawang Aqil, Samuel Christianson tampak tidak siap sehingga bola direbut Un Wonsang untuk diselesaikan dengan tembakan yang bersarang di sisi atas jala gawang Indonesia.

Nurhidayat menyelamatkan Indonesia dari gol keempat Korsel. Pemain pengganti Cho Youngwook melakukan tembakan jarak dekat yang ditepis Aqil, bola bergulir ke gawang tapi disapu Nurhidayat.

Namun demikian, Indonesia akhirnya tak mampu mencegah Korsel mencetak gol keempat di menit 78. Tendangan bebas King Jungmin bisa ditepis Aqil, namun bola rebound sambut Kim Hyunwoo untuk menjebol gawang Indonesia. Korsel 4, Indonesia 0.

Indonesia masih terus kesulitan menciptakan peluang bersih. Di menit 86, Rifad berhasil lolos tapi operannya kepada Rafli Mursalim masih mampu dipotong lini pertahanan Korsel. (detiksport)

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index