LAM Riau Keluarkan Warkah Maklumat Terkait Status Rusli Zainal

LAM Riau Keluarkan Warkah Maklumat Terkait Status Rusli Zainal
Gubernur Riau, HM Rusli Zainal. int

RIAU (RA) - Menyikapi berbagai pemberitaan melalui media cetak maupun media elektronik tentang pemeriksaan Gubernur Riau H M Rusli Zainal, Lembaga Adat Melayu (LAM) Riau mengeluarkan Warkah Maklumat Nomor 29/LAMR/II/2013 yang dikeluarkan pada tanggal 07/02/2013 silam.

Isi dari Warkah Maklumat adalah, pertama, menghimbau seluruh lapisan masyarakat Riau untuk berpikiran panjang berdada lapang, tidak terpancing oleh emosi dan perilaku yang berlebih-lebihan. Kedua, menghimbau seluruh lapisan masyarakat Riau untuk bersama-sama menjunjung tinggi asas praduga tidak bersalah, sesuai dengan Tunjuk Ajar Melayu yang mengedepankan sifat bersangka baik terhadap siapapun juga.

Ketiga, mendukung setiap usaha penegakan hukum, serta menghormati proses hukum yang berlaku, yang diharapkan dapat mengambil keputusan arif dan bijak dengan keputusan yang seadil-adilnya. Keempat, mengimbau seluruh lapisan masyarakat Riau untuk menjaga perpaduan dan kesatuan, dengan tidak memanfaatkan peristiwa ini menjadi ajang politik, fitnah-menfitnah dan sebagainya, yang dapat menimbulkan perpecahan dan keresahan dalam kehidupan bermasyarakat, dan bernegara.

"Saya rasa maklumat yang dikeluarkan oleh LAMR sudah tepat, sebaiknya kita harus hormati warkah maklumat ini. Mengenai kasus pak gubri, biarkanlah hukum yang berbicara," kata salah seorang tokoh masyarakat, Ramlan (47) ketika diwawancarai RiauAktual.com di Taman Kota Pekanbaru, Jalan Diponegoro, Selasa (12/02/2013).

Laporan: Muhammad Iqbal
Editor: Riki

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index