Mengerikan! Nih yang Akan Terjadi saat Matahari Mati

Mengerikan! Nih yang Akan Terjadi saat Matahari Mati
Foto : NASA

Riauaktual.com -  Sudah menjadi rahasia umum bahwa suatu saat nanti, matahari akan mati atau tidak berfungsi lagi. Usianya diklaim sekira sepuluh miliar tahun, dan saat ini tersisa lima miliar tahun.

Hal itu membawa sebuah pertanyaan penting, apa sebenarnya yang akan terjadi begitu matahari mencapai batasnya? Seiring berjalannya waktu, matahari perlahan mengubah pasokan hidrogen aslinya menjadi helium, terutama oleh sebuah proses yang disebut rantai proton. Matahari akan mulai sekarat saat menggunakan semua hidrogennya. Beruntung, itu tidak akan terjadi dalam waktu yang cukup lama.

Tetapi, taukah Anda apa yang akan terjadi jika matahari sudah tak lagi menyinarkan cahayanya ke Bumi?

Berikut Okezone ringkas dampak dari tak berfungsinya lagi matahari, dinukil dari Listverse.com, Selasa (29/8/2017).

1. Efek Rumah Kaca yang Akan Menjadi Sangat Efektif

Salah satu hal pertama yang akan terjadi begitu matahari menghabiskan hidrogennya adalah ia akan memunculkan banyak cahaya. Semakin cerah matahari, semakin banyak energi yang akan diterima Bumi.

Gas-gas di atmosfer seperti karbon dioksida, metana dan oksida nitrat yang bekerja seperti selimut dan sudah menahan panas dari bintang kita yang memungkinkan planet ini untuk mendukung kehidupan.

Jika matahari bekerja terus menerus, gas-gas ini akan menahan lebih banyak energinya. Bumi akan menjadi sangat panas, menyebabkan air di seluruh dunia menguap dan menciptakan awan padat di atmosfer.

Awan ini akan melindungi permukaan Bumi dari radiasi matahari untuk sementara waktu. Setelah cukup lama, panasnya akan menjadi terlalu banyak dan lautan akan mulai mendidih. Pada titik ini, tidak mungkin lagi ada kehidupan di Bumi. jika kita tidak mati pada saat itu, pasti kita akan mati karena kekurangan air dan panas yang berlebihan.

2. Orbit Bumi Akan Berubah

Pada saat matahari mati, segala sesuatu di Bumi pun luput mati, tapi bukan berarti planet ini tidak akan bergerak. Begitu matahari mencapai fase raksasa merahnya, ia akan memperluas setidaknya tiga perempat jarak ke Bumi.

Saat matahari mengembang lebih dekat ke bumi, tarikan gravitasi di bumi dan planet-planet terdekat lainnya benar-benar melemahkannya. Pelemahan ini menyebabkan planet-planet ini berputar jauh dari matahari dan memasuki orbit yang lebih aman dari bintang yang terang. Tentu saja, semua bentuk kehidupan sudah lenyap.

3. Kehidupan Bisa Terbentuk di Tempat Lain

Meski kehidupan di Bumi akan lama berlalu pada saat matahari menjadi raksasa merah, bukan berarti itu tidak akan muncul lagi di tempat lain. Jupiter dan Saturnus adalah planet besar yang memiliki banyak bulan, dan tentu bisa dihuni.

Europa dan Ganymede adalah dua bulan yang saat ini mengandung es. Itu mungkin tidak terdengar terlalu ramah karena lautan bawah laut yang diterima oleh Eropa tetapi luas. Namun begitu matahari bertambah besar, dan akan cukup dekat untuk menghangatkan es dan menciptakan lingkungan yang sesuai dengan bentuk yang lebih akrab di kehidupan yang ada.

4. Tata Surya Luar Akan Terasa Panas

Seperti telah disebutkan, matahari akan menjadi jauh lebih besar dan lebih cerah begitu mulai mati. Ini akan menyebabkan planet terdekat berubah menjadi tanah kosong yang berapi-api, tapi bagaimana dengan planet dan planet kerdil yang membeku jauh?

Misalnya saja Pluto, saat ini suhu Pluto bervariasi dari -233 sampai -223 derajat Celsius (-387 sampai -369 ° F). Begitu ujung matahari semakin dekat, bagaimanapun, ia akan bisa menghangatkan Pluto dan tubuh luarnya yang lain. Meskipun tidak mungkin kehidupan akan terbentuk lagi karena tidak setiap kondisi yang diperlukan ada, mereka akan tetap menjadi sisa-sisa kehangatan seperti apa Tata Surya dulu.

Hal ini akan berubah saat matahari menyusut menjadi kurcaci putih, tapi setidaknya Tata Surya bagian luar akan dapat memiliki sedikit kehangatan matahari sebelum mati selamanya.

5. Manusia Bisa Menemukan Cara Lain untuk Menciptakannya

Sulit untuk memprediksi dengan tepat teknologi apa yang mungkin kita miliki di masa depan, tapi menyenangkan untuk membayangkan kemungkinannya.

Teknologi kini sudah mendekati mobil otomatis dan perangkat futuristik lainnya. Untuk semua yang kita tahu, ada beberapa titik sebelum waktu kita habis, kita bisa menciptakan cara untuk melakukan perjalanan ke planet yang jauh. Kita tahu tempat-tempat yang bisa dihuni , jadi jika sampai ke sana, kita bisa mencoba beberapa dari mereka. Bahkan mungkin saja ras kita telah berkembang melampaui cakrawala kita dan masuk ke sistem Tata Surya lain yang tak terhitung jumlahnya pada saat Matahari mulai mati.

Dalam berita tersebut, NASA sudah mengerjakan sebuah misi ke Mars. Banyak perusahaan lain telah mencoba untuk menjadi yang pertama menjajah planet merah tersebut. Jika misi semacam itu berhasil, itu bisa menjadi revolusioner bagi masa depan umat manusia. Tujuannya agar manusia dikirim ke Mars pada 2030-an, yang tidak begitu jauh. Mars akan menjadi prestasi kecil jika dibandingkan dengan pergi ke sebuah galaksi yang sama sekali baru, tentu saja. Tapi seperti yang Neil Armstrong katakan, "Itu adalah satu langkah kecil bagi manusia, satu lompatan raksasa bagi umat manusia."

Kita harus berharap bahwa kita dapat menghindari kejadian bencana lainnya sebelum kita memiliki kesempatan untuk mencari alam semesta. Sebagian besar dari apa yang ada di luar masih belum diketahui, teleskop kami hanya bisa dilihat sejauh ini. Kita tidak tahu keseluruhan hamparan alam semesta, dan kita juga tidak tahu sejauh mana kemampuan kita sendiri.

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index