Pertanyakan Persiapan Pilgub dan Pileg, Komisi I Hearing Disdukcapil dan KPU Pekanbaru

Pertanyakan Persiapan Pilgub dan Pileg, Komisi I Hearing Disdukcapil dan KPU Pekanbaru

Riauaktual.com - Menindaklanjuti persiapan pelaksanaan Pemilihan Gubernur (Pilgub) Riau pada 2018 dan Pemilihan Legislatif 2019 mendatang, Komisi I DPRD Kota Pekanbaru mengelar hearing dengan Disdukcapil dan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Pekanbaru.

Yang menjadi pembahasan utama dalam hearing tersebut yaitu terkait perkembangan jumlah penduduk hingga akhir tahun 2017 ini, baik yang sudah terdata melalui e-KTP maupun yang belum merekam.

Tarmizi Ahmad, Wakil Komisi I DPRD Kota Pekanbaru usai hearing mengatakan, pertemuan hari ini Rabu (3/8/2017) dengan KPU dan Disdukcapil terkait jumlah penduduk yang diperkirakan ikut dalam Pilgub, Pileg 2019 mendatang.

" Kita ketahui tak lama lagi ada agenda besar yakni, Pilgub dan setelah itu ada juga Pileg, makanya kita panggil dua intansi terkait ini, tadi kita juga minta berapa jumlah penduduk Pekanbaru saat ini," kata Tarmizi Ahmad.

Tarmizi juga mengatakan bahwa, Pihaknya di Komisi I mengingikan bahwa dengan adanya pertambahan penduduk dari tahun sebelumnya, ada penambahan kursi di dewan saat Pileg mendatang.

"Dengan bertambahnya penduduk tentunya kami berharap kemungkinan jumlah kursi di DPRD juga bertambah pada Pileg mendatang, sesuai dengan aturan yang ada, kalau dulu 45 bisa aja 50 kursi disesuaikan dengan jumlah penduduk, dan tentunya Dapil juga bertambah 6 atau 7 Dapil, tapi untuk finalisasi penambahan tersebut belum bisa dipastikan oleh KPU dan Disdukcapil," tuturnya.

Tapi tentunya, Lanjut Tarmizi, kami di komisi I masih membutuhkan data yang akurat, untuk itu Tarmizi berharap KPU dan Disdukcapil intens melakukan koordinasi dengan Komisi I terkait perubahan-perubahan data yang terjadi.

" Tolong dikoordinasikan kekita apa yang menjadi masalah, dan apa saja perubahan-perubahan yang dilakukan, jangan sampai nanti masih ada masyarakat yang tidak terdata di DPT karena tidak memiliki KTP sementara sudah lama tinggal di Kota Pekanbaru, persoalan seperti ini harus dicarikan solusi jauh-jauh hari," ucapnya.

Sementara itu, Kepala Disdukcapil Pekanbaru Baharuddin menyampaikan, bahwa jumlah penduduk Kota Pekanbaru berdasarkan data pihaknya sebanyak 1.151.591 orang. Sementara data dari pusat hanya 876.084 orang.

Sementara itu, pihak Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Pekanbaru yang dihadiri oleh Anggota Abdul Razak menyambut baik atas agenda Hearing yang dilakukan hari ini, mengingat ada agenda besar yang bakal dihadapi yaitu, Pilgub dan Pileg.

"Pembicarakan kita tadi sesuai Topoksi di KPU yaitu terkait yaitu terkait jumlah pemilih kita kemaren," jelas Abdul Razak.

Untuk data Pilgub, Pileg dan Pilpres mendatang, pihaknya belum bisa menetapkannya. Karena KPU masih menunggu data terbaru dari Disdukcapil.

"Makanya untuk penambahan dapil dan penambahan kursi legislatif belum pasti untuk Pileg 2019 mendatang, karena data dari Diadukcapil tersebut paling cepat baru didapatkan Maret atau Mei 2018," pungkasnya. (pur)

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index