Pekanbaru Menduduki Posisi Inflasi Tertinggi Riau Sebesar 0,58 Persen

Pekanbaru Menduduki Posisi Inflasi Tertinggi Riau Sebesar 0,58 Persen
ilustrasi

Riauaktual.com - Berdasarkan hasil pemantauan BPS Provinsi Riau, kota Pekanbaru menduduki posisi inflasi tertinggi yakni sebesar 0,58 persen. Angka ini lebih tinggi jika dibandingkan dengan 2 kota lainnya di Riau, yakni Tembilahan 0,21% dan Dumai 0,05%.

Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Riau mencatat bahwa secara keseluruhan inflasi Juli 2017 di Riau sebesar 0,48% dan lebih tinggi dari nasional yakni sebesar 0,22%.

Kepala BPS Provinsi Riau Aden Gultom mengatakan, bahwa inflasi Riau bulan Juli 2017 terjadi karena adanya kenaikan harga pada lima kelompok pengeluaran, yaitu kelompok makanan jadi, minuman, rokok dan tembakau dan kelompok pendidikan, rekreasi, dan olahraga masing-masing sebesar 0,80 persen.

"Selanjutnya, diikuti kelompok transportasi, komunikasi dan jasa keuangan sebesar 0,72 persen, kelompok bahan makanan sebesar 0,63 persen, dan kelompok kesehatan sebesar 0,13 persen," katanya.

Sedangkan dua kelompok pengeluaran lainnya mengalami deflasi yaitu kelompok perumahan, air, listrik, gas dan bahan bakar sebesar 0,04%, dan kelompok sandang sebesar 0,02%.

Aden menjelaskan, komoditas yang memberikan andil terjadinya inflasi di Riau antara lain, angkutan udara, bawang merah, nasi dengan lauk, buncis, biaya sekolah menengah atas, gulai, dan lain-lain.

"Sementara untuk komoditas yang mengakibatkan deflasi diantaranya bawang putih, jengkol, angkutan antar kota, pisang, udang basah, dan lain-lain," paparnya.

Dari 23 kota di Sumatera yang menghitung Indek Harga Konsumen, 15 kota mengalami inflasi, dengan inflasi tertinggi terjadi di Kota Pekanbaru sebesar 0,58%, diikuti oleh Padang sebesar 0,54%, dan Bungo sebesar 0,47 %, sedangkan inflasi terendah terjadi di Kota Meulaboh sebesar 0,01%.

"Deflasi terjadi pada delapan kota. Untuk yang tertinggi berada di kota Padang Sidimpuan sebesar 0,50%.  Dari 82 kota yang menghitung indek harga konsumen di Indonesia. 59 kota diantaranya juga mengalami inflasi," tutupnya. (yan)

 

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index