UMRI Terima SK Dua Prodi Baru

UMRI Terima SK Dua Prodi Baru
Rektor UMRI Dr H Mubarak MSi saat menerima SK pembukaan Dua Prodi baru.

RIAU (RA) - Universitas Muhammadiyah Riau menerima Surat Keputusan (SK) Dua Program Studi (Prodi) baru, yakni Manajamen (S1) di Fakultas Ekonomi dan Bisnis, dan Pendidikan Bahasa Inggris (S1) di Fakultas Keguruan. Dengan Penambahan Dua Prodi baru tersebut, saat ini UMRI telah memiliki 17 Prodi.

SK tersebut diserahkan oleh Sekretaris Pelaksana (Sespel) Kopertis Wilayah X Drs Hanafi MSi yang langsung diterima oleh Rektor UMRI Dr H Mubarak MSi dalam acara yang dilaksanakan di kantor Kopertis Wilayah X, dijalan Khatib Sulaiman Padang, Jumat 11 Nopember 2016.

Dalam arahannya Sespel Hanafi mengatakan, melalui pembicaraan pihak Koperstis dengan Kementerian Dikti, saat ini untuk pengeluaran izin Prodi baru tidak memerlukan waktu yang lama, jika sebelumnya bisa memakan waktu sampai bertahun-tahun, saat ini hanya membutuhkan waktu Enam bulan.

"Hal ini tentu kabar gembira bagi PTS yang berada dibawah Kopertis Wilayah X, karena dengan semakin diperpendeknya waktu pengeluaran izin Prodi baru, akan bisa memudahkan. Namun demikian, persyaratan untuk mendirikan sebuah Prodi, tetap harus dipenuhi oleh Perguruan Tinggi," sebutnya.

Dia juga menyebut, perubahan lainnya yang diberikan Kementerian adalah jika selama ini yang menyerahkan SK pembukaan Prodi baru di Perguruan Tinggi itu langusung oleh Kementerian, saat ini sudah diberi kewenangan kepada Kopertis diwilayah masing-masing.

"Mudah-mudahan berbagai kebijakan baru dari Kemendikti ini akan semakin memperkuat PTS yang ada, dan tentunya bisa semakin lebih baik lagi dalam memberikan atau menjadikan SDM bangsa yang berkualitas," pungkasnya.  

sementara, Rektor Mubarak menyampaikan ucapan terima kasihnya kepada pihak Kemendikti yang telah mengeluarkan SK pembukaan Dua Prodi baru tersebut, ini merupakan bagian dari amanah yang dipercaya Kemendikti kepada UMRI untuk menciptakan SDM berkualitas dari Dua Prodi baru tersebut.

"Tentunya kita mengucapkan terimakasih kepada pihak Kemendikti yang telah mengeluarkan SK pembukaan Dua Prodi baru ini. Ini adalah bagian amanah dari mereka yang harus kita jalankan dengan baik, terutama dalam menciptakan SDM berkualitas dari Dua prodi baru ini," kata Rektor usai acara.

Mubarak juga menyebut bahwa dengan penambahan Dua Prodi baru ini, dalam Dua tahun terakhir UMRI telah menerima Lima SK pembukaan Prodi baru, dimana tahun lalu UMRI juga menerima SK pendirian Tiga Prodi baru yakni Pendidikan Teknik Informatika, Kehumasan, dan Pendidikan Teknik.

Dengan diterimanya SK dua Prodi baru tersebut, Rektor juga menyebut kalau mulai pada penerimaan calon Mahasiswa tahun depan, dua Prodi ini akan dimasukkan. "Tentunya, sekarang yang akan kita lakukan adalah menyaipkan berbagai hal terkait Prodi baru ini, dan Insya Allah pada penerimaan mahasiswa tahun depan, Dua Prodi ini akan dibuka," ungkapnya.

Selain UMRI, PTS di Riau lainnya yakni Universitas Islam Riau (UIR), juga menerima SK satu prodi baru yakni Prodi Pendidikan Guru sekolah Dasar (PGSD). (mad)

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index