Wartawan Resmi Adukan Tindakan Oknum TNI Ke POM AU

Wartawan Resmi Adukan Tindakan Oknum TNI Ke POM AU
(Ilustrasi int)

SIAK HULU (RA)-  Didik Herwanto, pewarta foto dari Riau Pos Grup (RPG), mengadukan tindak kekerasan fisik yang dilakukan oknum TNI AU terhadapnya saat peliputan pesawat Hawk 200 yang jatuh di sekitar permukiman warga RT 03, RW 03, Dusun 03, Desa Pandau Jaya, Kecamatan Siak Hulu, Kabupaten Kampar, Riau, Selasa (16/10)

Didik Herwanto melaporkan secara resmi tindakan resperintif aparat keamanan dari TNI AU ke POM AU di Kantor Satuan Polisi Militer Lanud Roesmin Nurjadin pada pukul 11.00 WIB dengan nomor surat pengaduan bernomor POM-434/A/IDIK-01/X/2012/Rsn tentang penganiayaan berat yang diduga dilakukan oleh Letkol Robert Simanjuntak yang merupakan anggota Lanud Roesmin Nurjadin beserta beberapa orang anggota Yon 462 Paskhas.

Didik dalam keterangannya usai memberi laporan kepada rekan-rekan medai lainnya mengaku telah mengalami tindak penganiayaan oleh oknum TNI yang tengah berjaga-jaga di sekitar lokasi jatuhnya pesawat Hawk 200 milik TNI AU.

"Ketika baru sampai dan hendak mengeluarkan kamera tiba-tiba datang beberapa oknum TNI, dan pada saat itu juga lokasi saya berdiri masih jauh dari lokasi pesawat jatuh. Mereka datang mengejar hingga memukul muka saya menendang dan mencekik leher," terang Didik

Disamping itu terang Didik mengakui lagi, selain terhadap dirinya, penganiayaan juga dilakukan oknum TNI AU lainnya terhadap sejumlah wartawan yang berada dilokasi. Namun Didik tidak begitu jelas nasip rekan-rekannya yang lain, karena beruntung dia diselamatkan Oknum TNI AU yang kebetulan mengenalinya.

Dari sumber yang berhasil didapat RiauAktual.com ada empat wartawan yang mengalami tindakan kekerasan yang dilakukan oknum TNI pada saat jatuhnya Hawk 200. Diantaranya yakni Kameramen (TV One) Ari dipukuli dan kameranya disita, Fotografer Riau Pos Didik dipukul hingga bibirnya pecah, Kameramen (RTV) Facri Rudianto kamera juga diambil, dan Rian wartawan (Antara) dipukul dan diterjang.

Sebagaimana diberitakan pesawat tempur jenis Hawk 200 buatan British Aerospace milik Skuadron Udara 12 Black Panther jatuh di pemukiman warga di Jalan Amal, Pasir Putih, Kecamatan Siak Hulu, Kabupaten Kampar, Selasa (16/10) didaerah Pandau Permai pukul 09.45 WIB

Pesawat yang dipiloti Letnan Dua Reza Yori Prasetyo Reza Yuli itu sedang melakukan latihan rutin dan diberitakan sempat oleng sebelum jatuh. Pilot dilaporkan selamat dalam insiden tersebut.(RA)

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index