Tindak Penggelapan Mobil Meningkat

Kapolda Minta Pemilik Mobil Rental Lebih Selektif

Kapolda Minta Pemilik Mobil Rental Lebih Selektif
Kapolda Riau, Suedi Husein

RIAU (RA) - Kapolda Riau, Brigjen Polisi Suedi Husein menghimbau agra pengusaha mobil rental dapat lebih selektif dalam memilih pelanggan yang akan menggunakan atau menyewa mobil rental. Hal ini terkait kasus maraknya aksi penggelepan dengan modus melarikan mobil rental.

Hal ini disampaikan oleh Kapolda Riau melalui Kabid Humas AKBP Anggaria Lopis kepada sejumlah wartawan, Jumat (12/10) pagi di ruang kerjanya. "Seharusnya, para pemilik rental harus lebih selektif lagi agar tidak tertipu," pasparnya kepada RiauAktual.com.

Dikatakan Anggaria, pemeriksaan identitas perental hendaknya dilakukan secara detail dan spesifik. "Yang pertama itu masalah biodata. Kita harus tahu betul dengan si perental. Bila perlu kenali si perental lebih dalam lagi," pintanya.

Kemudian, perental harusnya memberikan jaminan yang betul-betul bisa dipercaya oleh pemilik mobil. Sehingga pemilik tidak usah segan-segan memintanya.

"Jangan hanya percaya dengan jaminan identitas diri seperti KTP atau SIM. Karena terkadang identitas ini tidak akurat. Seharusnya, pemilik mobil meminta jaminan yang lebih bisa dipercaya lagi," jelas Kabid.

Selain itu, bila perlu ada seseorang saksi saat peminjamannya. Dengan begini, setidaknya tindakan penggelapannya bisa dicegah. Selanjutnya, hendaknya hal tersebut benar-benar diterapkan dan jangan dianggap sepele.

"Penngelepan dengan modus seperti ini sedang marak. Hendaknya jangan dianggap sepele dan pemilik harus benar-benar lebih selektif lagi," tutup Kabid AKBP Anggaria Lopis. (RA9)

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index