PLN Ingatkan Masyarakat Hati-hati Menggali di Jalur Kabel Listrik

PLN Ingatkan Masyarakat Hati-hati Menggali di Jalur Kabel Listrik
ilustrasi

PEKANBARU (RA) - PLN Area Kota Pekanbaru menjelaskan bahwa pemadaman yang terjadi berkali-kali pada hari Sabtu 3 September 2016 lalu dikarenakan gangguan kabel bawah tanah.

"Untuk menghindari terjadinya gangguan pada kabel tanah, kami menghimbau kepada semua pihak untuk lebih berhati-hati dalam melakukan penggalian khususnya di tempat yang dilalui jalur kabel tanah PLN," kata Manager PLN Area Pekanbaru, Laode, Rabu (7/9).

Dikatakannya, akibat dari kerusakan kabel bawah tanah ini sangat besar dan berdampak kepada pemadaman listrik di lokasi kerusakan kabel hingga berkali-kali. Selain sulit mencari titik yang mengalami gangguan, dalam pengerjaannya juga membutuhkan waktu lama.

"Seperti kejadian padam berkali-kali hari Sabtu tanggal 3 September 2016 di penyulang UNRI itu, karena adanya kegiatan penggalian tanah yang melintas jalur kabel sehingga berdampak putusnya aliran listrik ke daerah tersebut," ujarnya.

Penyulang UNRI ini, kata Laode, melayani listrik di daerah Rusunawa UNRI, Jalan Delima, Stadion Utama, Jalan SM Amin, Jalan Arifin Ahmad dan sekitarnya. Atas kondisi tersebut, maka terjadi pemadaman listrik pada pukul 15.37 WIB sampai dengan 18.37 WIB.

"PLN telah berusaha untuk mengalihkan pasokan ke penyulang Cipta Karya untuk mengurangi lamanya waktu pemadaman, tetapi baru sekitar 2 jam menyala karena penyulang tersebut mengalami overload tidak lama kemudian pelanggan yang mendapat aliran dari Cipta Karya ikut mengalami pemadaman," pungkas Laode menjelaskan kronologisnya. (GS)

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index