KPK Akan Bantu Menteri Siti Usut Kasus Pembakaran Hutan

KPK Akan Bantu Menteri Siti Usut Kasus Pembakaran Hutan
ilustrasi
NASIONAL (RA) – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menyatakan siap membantu Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) dalam mengusut kasus pembakaran hutan. Terlebih, lembaga antirasuah ini memiliki kajian lengkap soal kehutanan. 
 
"KPK akan dengan senang hati membantu Bu Menteri (Siti Nurbaya) karena KPK punya kajian lengkap soal hutan dan kebun," kata Wakil Ketua KPK, Laode M Syarif, saat dikonfirmasi, Rabu (7/9/2016).
 
Selain itu, Syarif mengaku, sektor sumber daya alam (SDA) memang menjadi fokus lembaganya saat ini. Hal itu mengingat banyak praktik pengelolaan kekayaan alam Indonesia yang tak sesuai aturan. "Sumber daya alam menjadi sektor fokus KP, jadi cocok dengan visi dan misi KPK," tegasnya. 
 
Menurut Syarif, lembaganya juga sudah memberikan beberapa rekomendasi kajian untuk memberikan tata kelola kehutanan ke kementerian yang dipimpin Siti Nurbaya itu. 
 
"Kita sudah memberikan beberapa rekomendasi kajian ke KLHK (Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan) untuk perbaikan tata kelola kehutanan," ucapnya. 
 
Sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) memberi saran agar Siti meminta bantuan KPK dalam hal mengusut kebakaran hutan. Siti mengaku berkali-kali bertemu presiden dan berkonsultasi mengenai pembakaran hutan dan lahan. "Saya sudah beberapa kali berkonsultasi dengan presiden, perintah presiden kita harus selesaikan persoalan ini. 
 
Presiden pesan lakukan, kalau perlu minta bantuan KPK," ujar Siti dalam jumpa pers di gedung Kementerian LHK.(okezone.com)
Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index