Pemerintah Diminta Siapkan Anggaran Perangi Virus Zika

Pemerintah Diminta Siapkan Anggaran Perangi Virus Zika
ILUSTRASI
NASIONAL (RA) - Pemerintah diminta untuk segera mengintensifkan langkah-langkah penanganan virus zika.
 
Salah satunya dengan menyiapkan anggaran yang mencukupi.
 
"Komisi IX meminta pemerintah untuk mempersiapkan anggaran yang cukup dalam perang melawan zika," kata Wakil Ketua Komisi IX DPR RI Saleh Partaonan Daulay dalam keterangan tertulis, Minggu (4/9/2016).
 
"Karena kasusnya baru, anggaran yang dimiliki kemenkes sejauh ini masih diperuntukkan untuk menangani penyakit menular lainnya. Belum termasuk, anggaran untuk menangani dan menanggulangi virus zika," tambah Saleh.
 
Saleh mengatakan, sebaran virus zika sudah semakin meningkat dan merebak ke negara-negara tetangga. Terakhir, Malaysia telah mengonfirmasi bahwa virus itu telah ditemukan di negara tersebut.
 
"Data terakhir, di Singapura sudah ada 185 pasien terinfeksi virus zika. Begitu juga di Malaysia. Dengan kondisi ini, pemerintah tidak boleh lagi berleha-leha," ucap Anggota Fraksi Partai Amanat Nasional ini.
 
Sejauh ini, persebaran virus zika diketahui lebih banyak melalui nyamuk aedes agepty.
 
Di tengah musim penghujan seperti sekarang ini, perkembangbiakan nyamuk dikhawatirkan akan mempermudah persebaran virus tersebut.
 
(Baca: Komisi IX DPR Minta Pemerintah Tetap Antisipasi Penyebaran Virus Zika)
 
Saleh meminta agar Kemenkes melakukan penelitian khusus terkait virus zika.
 
Balitbang kemenkes diminta untuk mengundang para pakar dan ahli kesehatan untuk berpartisipasi.
 
Pasalnya, sampai sejauh ini pengobatan terhadap pasien yang terjangkit virus zika belum ditemukan.
 
Indonesia sebagai negara besar tentu harus melakukan inisiasi penelitian dalam konteks perlindungan masyarakat.
 
"Beberapa waktu lalu, kemenkes berhasil melakukan penelitian dalam menyediakan vaksin flu burung. Kita mengharapkan, hal yang sama bisa dilakukan dalam penanganan virus zika," ucap Saleh.
 
Sementara anggota Komisi IX DPR Muhammad Iqbal menilai, Kemenkes harus memberikan informasi dan sosialisasi kepada masyarakat mengenai virus zika.
 
"Virus zika itu seperti apa, apa yang harus dilakukan masyarakat agar terhindar dari virus zika ini misalnya dengan membersihkan lingkungan sekitar tempat tinggal dan hal-hal lainnya yg bisa dilakukan," ucap Iqbal.
 
Selain itu, lanjut Iqbal, kementeian kesehatan juga harus memberikan informasi kepada masyarakat bahaya dari virus zika, khususnya bagi ibu hamil.
 
Sebab, virus ini dapat menimbulkan cacat bagi janin "Tentu saja harapan kita dengan adanya informasi ini masyarakat lebih mengetahui dan dapat mengantisipasi," ucap politisi Partai Persatuan Pembangunan ini. (kompas.com)
Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index