Hujan, Kualitas Udara Pekanbaru Membaik

Hujan, Kualitas Udara Pekanbaru Membaik
ilustrasi

PEKANBARU (RA) - Badan Lingkungan Hidup (BLH) Kota Pekanbaru, Provinsi Riau mencatat ada perbaikan pada kualitas udara di wilayah setempat, dibandingkan dua hari sebelumnya pascakabut asap akibat kebakaran hutan dan lahan (karhutla) yang melanda wilayah setempat.

Syarial menjelaskan membaiknya kualitas udara Pekanbaru hari ini disebabkan beberapa faktor salah satunya hujan yang turun dimalam harinya.

"Sudah dua malam hujan, selain itu arah angin yang menjauh dari pusat kota membawa asap ke arah pantai dan tingkat keberhasilan pemadaman api yang dilakukan satuan tugas," terang Syahrial.

Syahrial mencoba membandingkan kualitas udara Pekanbaru saat ini dengan tiga hari lalu jauh lebih baik. Karena konsentrasi debu (PM10) pada Senin pagi di stasiun Tampan mencapai 114 mikrogram /meter kubik.

"Atau kalau petunjuk Indek Standar Pencemaran Udara (ISPU) kondisi udara berada dalam level sedang," katanya lagi.

Ia menambahkan kualitas udara Pekanbaru masih akan fluktuatif saat ini hingga beberapa waktu kedepan seiring kondisi karhutla. Kalau kabut asap menebal saat malam hari ketika semua sedang istirahat tentunya tidak masalah. Namun kalau terjadi ketika semua sibuk beraktifitas perlu menggunakan maskes pelindung pernafasan.

"Untuk itu, warga diminta waspada, kalau sewaktu-waktu ada asap, sediakan selalu masker," tegasnya menambahkan,

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index