Bakal calon Gubernur Riau Jon Erizal Saksikan Pertunjukan Wayang Di Siak

Bakal calon Gubernur Riau Jon Erizal Saksikan Pertunjukan Wayang Di Siak
JE Membuka Acara Pergelaran Wayang

RIAU (RA)- Bakal calon Gubernur Riau yang diusung PAN dan PKS, H. Jon Erizal, SE. MBA, memberikan apresiasi terhadap kesenian daerah. Termasuk kesenian wayang yang sudah mendarah daging bagi sebagian masyarakat Riau keturunan Jawa.

"Seni adalah bagian dari hidup kita. Dengan seni, kehidupan akan lebih bermakna," ujarnya ketika menyaksikan wayang semalam suntuk di Desa Langkat, Kecamatan Siak Kecil, Kabupaten Bengkalis.

Ratusan warga tampak memadati halaman Balai Desa Langkat untuk menyaksikan wayang semalam suntuk. Ki Dalang Tunasir yang sengaja didatangkan dari Dumai menampilkan  lakon “Betari Sri Mulih”.

Hadir dalam kesempatan itu, Ketua Pembina Paguyuban Jawa Bengkalis yang juga anggota DPRD Riau, Bagus Santoso, anggota DPRD Bengkalis Anung Siswanto, tokoh masyarakat Siak Kecil Tubari, Kepala Desa Langkat Tukiran, serta tokoh masyarakat Langkat Haji Parmin dan Misiran.

Menurut Jon Erizal, bangsa Indonesia adalah bangsa yang besar dan kaya akan seni budaya. Begitu pula di Riau yang masyarakatnya heterogen. 

Beragam seni budaya daerah, seperti Melayu, Jawa, Minang, Batak, Sunda, Kalimantan, Sulawesi dan daerah lainnya, ada di Bumi Lancang Kuning ini.

"Kesenian dan budaya daerah ini merupakan aset yang wajib kita lestarikan," kata putra Melayu Pesisir ini.

Tokoh masyarakat Haji Parmin mengatakan atraksi wayang semalam suntuk ini sudah rutin dilaksanakan di Desa Langkat. Tahun ini disejalankan dengan program Desa Bersih. Dia berterima kasih kepada tokoh masyarakat Jawa, Bagus Santoso yang sudah membantu peralatan lengkap wayang, sehingga kesenian Jawa ini dapat dilestarikan.

"Kalau dulu peralatannnya belum lengkap, sekarang sudah lengkap, jadi kesenian ini dapat rutin dilaksanakan,” ujarnya.

Kepala Desa Langkat Tukiran menyambut baik kehadiran bakal calon Gubernur Riau H. Jon Erizal. "Kehadiran bapak calon gubernur bersama anggota DPRD ini, diharapkan dapat memberikan kemajuan buat masyarakat sini. Kami sangat berterima kasih,” ujarnya.

Tukiran berharap perhatian terhadap infrastruktur desa seperti jalan dan jembatan serta rumah ibadah yang sampai saat ini masih terbengkalai.

Menurut Bagus Santoso, pihaknya akan terus berupaya membantu masyarakat dengan mengalokasikan dana pembangunan di Provinsi Riau dan Kabupaten Bengkalis untuk desa tersebut. Untuk rumah ibadah, katanya, tahun ini sudah diangggarkan di APBD Bengkalis. Sedangkan jembatan, masih dicarikan peluang pada APBD Riau tahun 2013.

"Insya Allah kita akan perjuangkan untuk masyarakat disini melalui APBD Provinsi Riau," pungkasnya.(RA/Rls)

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index