Polres Kuansing Intensifkan Cooling System Jelang Pilkada Serentak 2024 Bersama Insan Pers

Rabu, 18 September 2024 | 16:38:51 WIB
Polres Kuansing Intensifkan Cooling System

Riauaktual.com – Menyambut Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak 2024, Polres Kuantan Singingi (Kuansing) melalui Satuan Tugas (Satgas) Humas Operasi Mantap Praja Lancang Kuning 2024 semakin memperkuat upaya menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas).

Salah satu strategi penting yang diterapkan adalah pelaksanaan cooling system dengan melibatkan insan pers pada Selasa (17/9/2024). Langkah ini bertujuan untuk menciptakan suasana aman dan kondusif selama Pilkada berlangsung.

Kapolres Kuansing, AKBP Pangucap Priyo Soegito, S.I.K, MH, melalui Kasi Humas Polres Kuansing, IPTU Aman Sembiring, S.H., yang juga bertindak sebagai Kasatgas Humas Polres Kuansing, menjelaskan bahwa Satgas Humas Operasi Mantap Praja telah mengerahkan empat personel Polri dalam tiga subsatuan tugas (Subsatgas) untuk mendukung kelancaran Pilkada Serentak 2024.

"Satgas Humas ini terdiri dari Subsatgas Peliputan, Subsatgas Publikasi, dan Subsatgas Pemantauan serta Viralisasi, yang semuanya memiliki peran penting dalam memastikan kelancaran informasi dan pengamanan Pilkada," jelas IPTU Aman.

Ia menekankan peran penting Humas Polri dalam menyediakan informasi yang objektif dan terpercaya bagi masyarakat, sekaligus mendorong partisipasi publik.

"Humas adalah penghubung utama antara Polri dan masyarakat melalui media massa serta media sosial. Kami memastikan informasi disampaikan secara tepat, transparan, dan sesuai fakta," ungkapnya.

Menurut IPTU Aman, sebagai pengampu fungsi kehumasan, Polri dituntut memiliki wawasan dan keterampilan yang luas.

"Tugas kehumasan tidak mudah. Diperlukan personel dengan kompetensi tinggi untuk menghasilkan komunikasi yang baik dan membangun kredibilitas Polri di mata masyarakat,” lanjutnya.

Cooling system yang diterapkan oleh Polres Kuansing bertujuan meredakan potensi ketegangan, terutama di media sosial yang sering kali menjadi sarang penyebaran berita hoaks dan provokatif.

"Cooling system adalah upaya mencegah konflik yang mungkin timbul dari informasi yang salah atau provokatif. Dengan ini, kami berupaya menjaga stabilitas sosial agar proses Pilkada berlangsung damai dan aman," ujar IPTU Aman.

Strategi ini juga mencakup amplifikasi konten positif melalui berbagai media untuk mengelola risiko penyebaran informasi yang berpotensi mengganggu kedamaian. Langkah-langkah ini menunjukkan komitmen kuat Polres Kuansing dalam menciptakan suasana Pilkada yang harmonis dan bebas konflik.

"Peran media sangat penting dalam mendukung upaya Polres Kuansing menjaga stabilitas selama Pilkada. Dengan amplifikasi pesan Pilkada Damai, kami berharap pesan-pesan positif tentang pentingnya menjaga kedamaian dapat diterima secara luas dan efektif oleh masyarakat," Tambah IPTU Aman.

Dengan penerapan cooling system dan sinergi dengan insan pers, Polres Kuansing optimis Pilkada Serentak 2024 di wilayah Kuansing akan berlangsung aman, tertib, dan tanpa hambatan berarti, menciptakan suasana demokrasi yang kondusif.
 

Tags

Terkini

Terpopuler