Sistem Keamanan Lemah, Tamu Wisma SMR Kehilangan Sepeda Motor

Kamis, 14 Juli 2022 | 14:52:56 WIB

Riauaktual.com - Fadli salah seorang tamu Wisma SMR Jalan Hr Soebrantas, Pekanbaru kehilangan sepeda motor saat diperkirakan didepan wisma tersebut, Kamis (14/7/2022) sekitar pukul 06.00 WIB. 

Namun yang menjadi pertanyaan areal parkir Wisma SMR tersebut tidak memiliki penjagaan parkir alis tukang parkir. Sama diketahui Wisma SMR tersebut menyediakan jasa dan fasilitas penginapan.

Saat dikonfirmasi Fadli, dirinya menjelaskan peristiwa itu berawal saat dirinya memasuki Wisma SMR pada, Rabu (13/7/2022) sekitar pukul 22.00 Wib.

Dimana paginya korban memiliki janji ingin bertemu dengan temannya yang lokasinya tidak jauh dari Wisma SMR tersebut.

"Awalnya saya gak punya firasat apa-apa. Saya sendiri memilih menginap di wisma ini lantaran sudah kemalaman. Dan saya pikir wisma ini aman," katanya, Kamis siang.

Kemudian sekitar pukul 06.00 WIB, Fadli keluar dari Wisma SMR dan menuju ke parkiran kaget melihat sepeda motor jenis Honda Beat sudah hilang.

"Kita melihat rekaman CCTV memang ada peristiwa pencurian sekitar pukul 03.00 WIB. Saat kita minta pertanggungjawaban dari pihak wisma, mereka menyanggupi untuk menggantikan uang penginapan satu malam," ungkapnya.

"Aneh rasanya jika pihak wisma justru tidak mementingkan kenyamanan para tamunya. Pertama tidak ada penjagaan di area parkir. Nah terus bagaimana kita bisa tenang beristirahat kalau begini. Katanya lagi, biasanya kendaraan khususnya roda dua di area parkir itu di rantai. Tapi ini tidak. Kita minta pertanggung jawaban malah hanya uang sewa kamar dikembalikan. Kan gak ada tanggung jawabnya," sambungnya.

Lanjut Fadli, selain mengembalikan uang penginapan, pihaknya hanya bisa membantu untuk melaporkan kejadian itu ke pihak kepolisian. Padahal itu memang sudah menjadi kewajiban pihak wisma.

"Memang tidak ada tanggung jawab sama sekali. Kalau begini tentu kenyamanan untuk menginap di wisma ini tidak terjamin. Tadi sempat juga uang kamar dikembalikan, tapi saya tolak dan lucunya Pak Wandi malah berkata syukur, kita lihat sampai mana kejadian ini," ungkapnya.

Akhirnya kejadian kehilangan ini Fadli laporkan ke Polsek Tampan tanpa didampingi oleh pihak SMR.

Sementara saat dikonfirmasi Manager Operasional Wisma SRM, Wandi untuk mempertanyakan sistem keamanan Wisma SMR mengaku pihaknya memang kekurangan karyawan dan tidak bisa untuk menggantikan kerugian atas hilang sepeda motor Fadli.

"Kalau dibilang lalai, memang begitu keadaannya. Kita hanya bertujuh. Dan kehilangan itu bukan tanggung jawab pihak wisma. Itu ditanggung oleh tamu sendiri. Karena sudah ada pemberitahuan kalau ada kehilangan itu bukan tanggungjawab dari pihak wisma," terangnya. 

Namun melalui Wandi, pihak hotel hanya bisa membantu mengembalikan uang penginapan selama satu malam itu saja.

"Kalau dari perusahaan tidak ada. Cuma saya menyanggupi untuk menggantikan uang penginapan dan uang laporan polisi. Itu dari pribadi saya saja," tutup Wandi.

Terkini

Terpopuler