Kasus PMK di Riau, 171 Ekor Sudah Sembuh

mr
Ahad, 03 Juli 2022 | 09:31:33 WIB
Ilustrasi

Riauaktual.com - Kasus Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) pada hewan ternak khususnya sapi di Riau terus meningkat. Data dari Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (PKH) Provinsi Riau tercatat hingga Sabtu (2/7/2022) kemarin sudah ada 625 kasus PMK pada sapi di Provinsi Riau. 

Dengan rincian 171 ekor sembuh, 2 ekor mati, 1 ekor potong bersyarat dan 478 ekor sisa kasus.

Asisten II Setdaprov Riau, M Job Kurniawan menyampaikan, perlunya meningkatkan koordinasi khususnya di lintas sektoral dalam upaya penanggulangan dan pencegahan penyebaran wabah Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) pada hewan di Provinsi Riau.

Ia mengatakan kepada organisasi perangkat daerah yang terkait, untuk meningkatkan koordinasi lintas sektoral seperti memberikan informasi atau penyuluhan kepada masyarakat tentang PMK dan vaksin terhadap hewan ternak.

“Kita perlu tingkatkan koordinasi lintas sektoral karena ini berguna sebagai pemberi informasi kepada masyarakat, dan semoga saja bisa menjadi salah satu cara untuk melakukan penanganan PMK,” katanya.

Menurutnya, jika masyarakat bisa memahami terkait penanganan wabah PMK khusus bagi yang memiliki usaha ternak ini juga akan berguna untuk menaikkan penghasilan para pelaku usaha hewan ternak menjelang Hari Raya Idul Adha 1443 H / 2022 M.

“Jika pemahaman informasi tersebut sampai ke masyarakat secara langsung, maka para peternak bisa mengantisipasi hewannya yang untuk dijual dengan cara di vaksin, dan masyarakat pun tidak perlu takut membeli sapi atau kambing kurban tahun ini,” harapnya.

Terkini

Terpopuler