Komisi IV DPRD Pekanbaru Segera Panggil Dirut PDAM Tirta Siak

Rabu, 02 Februari 2022 | 08:18:37 WIB
Ketua Komisi IV DPRD Pekanbaru Sigit Yuwono ST

Riauaktual.com - Ketua Komisi IV DPRD Pekanbaru Sigit Yuwono ST menyebut, pihaknya akan menjadwalkan pemanggilan manajemen Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Siak. Hal ini karena banyaknya aduan dari para pelanggan yang mengeluhkan air PDAM tersebut mati total sehingga warga mengalami krisis air. 

"Secepatnya kita (Komisi IV) akan hearing dengan PDAM Tirta Siak untuk masalah pembangunan jaringan pipa-pipa ini sudah sampai mana progresnya dan juga target selesainya itu sampai kapan," kata Sigit, Rabu (2/2/2022).

Dikatakan Sigit, Komisi IV sejauh ini belum mengetahui pasti apa alasan air PDAM mati sehingga masyarakat mengalami krisis air. Ditambah lagi, adanya pengerjaan galian pipa-pipa PDAM di beberapa titik mengganggu akses jalan pengendara.

Maka dari itu, Komisi IV secepatnya akan memanggil PDAM Tirta Siak dalam waktu dekat untuk mendengar apa saja langkah-langkah perusahaan air minum tersebut dalam mengatasi keluhan masyarakat.

"Kita nanti akan pertanyakan apa saja langkah-langkah mereka dalam mengatasi keluhan itu. Kalau ada gangguan seperti pipa bocor dan mampetnya aliran air kerumah yang tidak maksimal itu kita minta PDAM untuk bertindak secepatnya. Jangan ada alasan untuk membebani biaya kepada pelanggan, karena itu adalah tanggung jawab dari PDAM," tegasnya.

Sigit juga mendesak PDAM Tirta Siak agar berbenah diri untuk meningkatkan pelayanan kepada para pelanggan. Ia menyarankan, PDAM Tirta Siak agar membentuk rayon di setiap kecamatan layaknya PLN guna menerima dan menampung keluhan dari masyarakat terkait adanya pipa yang bocor.

Hal ini diusulkan oleh Sigit karena sebaran jaringan pipa PDAM tersebut cukup luas. Sehingga dengan adanya rayon-rayon pada tiap kecamatan dapat membantu dan memudahkan PDAM Tirta Siak dalam menampung keluhan dari pelanggan di setiap kecamatan.

"Di daerah lain itu semacam PLN, yang memakai rayon-rayon untuk mengatasi adanya keluhan dari pelanggan PDAM. Jadi ada tanggung jawabnya masing-masing, tapi kalau sekarang ini semuanya langsung ke pusat," ucapnya.

"Sehingga kalau terjadi kebocoran itu bisa ketahuan. Ada berapa pelanggan yang mengeluh itu bisa dihitung. Tapi kalau saat ini kan tidak ada, instalasi pipanya loss semua. Hanya meter dipusat saja satu," sambungnya.

Diakhir, Politisi Demokrat ini berharap Direktur baru PDAM Tirta Siak Agung Anugrah agar dapat hadir dan memenuhi undangan Komisi IV dalam agenda hearing tersebut.

"Mudah-mudahan ada solusi dan pembangunan juga cepat selesai. Sehingga tidak ada lagi keluhan dari masyarakat," tutupnya.

Terkini

Terpopuler