Pj Gubri Segera Lantik Dua Kepala OPD Baru, Brida dan BPBD Damkar

Pj Gubri Segera Lantik Dua Kepala OPD Baru, Brida dan BPBD Damkar
Pj Gubri Rahman Hadi.

Pekanbaru (RA) – Penjabat (Pj) Gubernur Riau, Rahman Hadi, berencana segera melantik pimpinan untuk dua Organisasi Perangkat Daerah (OPD) baru, yakni Badan Riset Daerah (Brida) dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah serta Pemadam Kebakaran (BPBD Damkar).

Pj Sekdaprov Riau Taufik OH mengungkap pembentukan dua OPD ini diharapkan dapat memperkuat struktur dan efisiensi Pemprov Riau dalam bidang riset, bencana, dan pemadam kebakaran.

Brida dibentuk dengan memisahkan fungsi Litbang yang sebelumnya tergabung dalam Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda dan Litbang), sehingga kini berdiri sebagai OPD mandiri untuk riset daerah.

Sementara itu, bidang pemadam kebakaran sebelumnya belum menjadi bagian khusus di Pemprov Riau dan kini diintegrasikan ke dalam OPD BPBD guna mengoptimalkan respon bencana.

"Dalam waktu dekat, Pj Gubernur akan melantik kepala untuk OPD tersebut," ujar kata Taufik, Sabtu (26/10/24).

Ia menambahkan bahwa inisiatif pembentukan kedua OPD baru ini dimulai sejak SF Hariyanto menjabat sebagai Pj Gubri dan kini telah mendapat persetujuan dari Kemendagri.

Untuk anggaran, Taufik menyebut anggaran untuk operasional dan pelantikan OPD baru ini disediakan dalam APBD Perubahan yang telah disahkan.

"Dengan APBD Perubahan yang sudah disetujui, kini pelaksanaannya tinggal menunggu waktu," jelas Taufik. 

#Pemprov Riau

Follow WhatsApp Channel RiauAktual untuk update berita terbaru setiap hari
Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Pemprov Riau

Index

Berita Lainnya

Index