Pemprov Riau Akan Gelar Rapat Lintas Sektor untuk Bahas Ranperda RTRW

Pemprov Riau Akan Gelar Rapat Lintas Sektor untuk Bahas Ranperda RTRW
Penjabat Gubernur Riau Rahman Hadi

PEKANBARU (RA) – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau akan menggelar Rapat Lintas Sektor pada hari ini Rabu 23 Oktober 2024 di Jakarta. Rapat ini akan membahas Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) mengenai Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) Provinsi Riau.

Penjabat (Pj) Gubernur Riau, Rahman Hadi, menyampaikan apresiasi kepada dinas terkait yang telah mempersiapkan materi yang akan menjadi bahan paparan dalam rapat tersebut.

Menurutnya, upaya ini merupakan langkah penting dalam memperjuangkan hak-hak masyarakat dan pemerintah daerah yang terkendala oleh regulasi yang membutuhkan penyesuaian.

"Ini adalah kerja administrasi yang kami perjuangkan untuk hak-hak masyarakat dan pemerintah daerah yang masih 'tersandera' oleh regulasi. Perubahan ini penting untuk menyesuaikan dengan Undang-undang Cipta Kerja," ujar Pj Gubernur.

Ia menambahkan bahwa Undang-undang Cipta Kerja bertujuan menyederhanakan undang-undang yang tumpang tindih atau saling berkaitan, sehingga memudahkan proses administrasi ke depan.

"Kami akan melakukan penyesuaian secara bertahap karena RTRW merupakan hal yang sangat penting. Jadi, kita harus menjadikannya acuan yang jelas," imbuhnya.

Pj Gubernur juga berharap agar rapat lintas sektor yang akan digelar esok hari dapat berjalan dengan lancar dan menghasilkan keputusan yang baik bagi Provinsi Riau.

Rapat Koordinasi Lintas Sektor ini merupakan forum pertemuan antara Pemprov Riau dan perwakilan dari berbagai kementerian, lembaga, serta organisasi terkait. Forum ini menjadi penentu percepatan penetapan RTRW Provinsi Riau menjadi Peraturan Daerah (Perda).

Dalam prosesnya, rapat ini juga menjadi dasar penerbitan Persetujuan Substansi dari Menteri ATR/BPN. Tahapan berikutnya meliputi pembahasan penyepakatan Ranperda dengan DPRD Provinsi Riau, evaluasi oleh Menteri Dalam Negeri, hingga akhirnya penetapan RTRW dalam bentuk Peraturan Daerah.

Pada pertemuan persiapan rapat lintas sektor, hadir pula Asisten I Setdaprov Riau, M. Job Kurniawan, Kepala Dinas PU Provinsi Riau Arif Setiawan, Kepala Bappeda Provinsi Riau Emri Juli Harnis, Kepala Biro Hukum dan HAM Setdaprov Riau Yan Dharmadi, serta sejumlah dinas terkait lainnya.

#Pemprov Riau

Follow WhatsApp Channel RiauAktual untuk update berita terbaru setiap hari
Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index