Current Date: Jumat, 27 September 2024

Pentingnya Menjaga Kebersihan Handuk untuk Kesehatan Kulit

Pentingnya Menjaga Kebersihan Handuk untuk Kesehatan Kulit
Handuk bisa menjadi sarang bakteri. (Foto: Freepik.com)

Riauaktual.com - Handuk merupakan salah satu alat penting yang digunakan setiap kali selesai mandi. Fungsinya untuk mengeringkan tubuh, namun penggunaan yang terus-menerus tanpa perawatan yang baik dapat menyebabkan handuk menjadi lembab, memicu pertumbuhan kuman dan bakteri. Oleh karena itu, mencuci handuk secara berkala sangat dianjurkan untuk menjaga kebersihannya.

Setelah mandi, tubuh tidak sepenuhnya bebas dari bakteri. Sisa-sisa kuman dari tubuh dapat menempel di handuk. Dalam kondisi yang lembab, terutama jika handuk disimpan di dalam kamar mandi yang tidak terkena sinar matahari, bakteri akan terus berkembang. Hal ini berpotensi menyebabkan berbagai masalah kesehatan, terutama infeksi kulit, jerawat, hingga jamur di area tubuh, termasuk organ intim.

Seorang konsultan dan pengembang produk, Deanna Wu, merekomendasikan agar handuk diganti maksimal seminggu sekali. 

"Kami merekomendasikan untuk mencuci handuk mandi Anda setidaknya seminggu sekali," ujarnya. Bakteri yang berkembang biak di handuk dapat meningkat jika penggunaan lebih dari seminggu tanpa dicuci.

Namun, frekuensi pencucian handuk juga bergantung pada bahan dan jenis handuk yang digunakan. Idealnya, handuk tidak boleh digunakan lebih dari dua hingga tiga kali sebelum dicuci, terutama jika tidak dijemur di bawah sinar matahari langsung. Menjemur handuk di tempat terbuka dan terkena sinar matahari dapat membantu memperlambat pertumbuhan bakteri dan membuatnya aman digunakan selama seminggu.

Deanna Wu juga menyarankan penggunaan rak penjemur handuk yang lebar agar handuk bisa lebih cepat kering. Jika Anda mencium aroma tidak sedap dari handuk, itu adalah tanda bahwa handuk tersebut sudah kotor dan harus segera dicuci atau diganti.

Menjemur handuk langsung setelah digunakan sangat dianjurkan, terutama di bawah sinar matahari. Namun, jika cuaca tidak mendukung, seperti pada musim hujan atau di daerah yang jarang terkena matahari, pilihlah handuk yang lebih tipis agar cepat kering.

“Kamar mandi yang lembab memerlukan handuk yang lebih ringan untuk mempercepat waktu pengeringan,” kata Deanna Wu sebagaimana dilansir dari Southern Living, Rabu (25/2/2024).

Dengan menjaga kebersihan dan memastikan handuk selalu kering setelah digunakan, kita dapat mencegah infeksi kulit dan menjaga kesehatan tubuh secara keseluruhan.

#Kesehatan

Follow WhatsApp Channel RiauAktual untuk update berita terbaru setiap hari
Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index