Current Date: Jumat, 20 September 2024

Bakal Diumumkan Saat Paripurna, Ini Daftar Ketua Fraksi DPRD Riau Periode 2024-2029

Bakal Diumumkan Saat Paripurna, Ini Daftar Ketua Fraksi DPRD Riau Periode 2024-2029
Daftar Ketua Fraksi Partai Politik DPRD Riau periode 2024-2029 akan diumumkan saat paripurna, Kamis (19/9/24) siang.

Riauaktual.com - Pasca pelantikan anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Riau terpilih periode 2024-2029 dua pekan lalu, Alat Kelengkapan Dewan (AKD) seperti pimpinan, ketua-ketua fraksi dan komisi belum terbentuk.

Meski begitu, partai-partai politik di DPRD Riau dikabarkan sudah mengajukan nama-nama untuk menjadi ketua fraksi.

Wakil Ketua DPRD Riau Sementara Indra Gunawan Eet mengungkap seluruh partai di DPRD Riau telah mengajukan nama-nama yang akan menjadi ketua fraksi.

"100 persen namanya sudah masuk dan susunannya sudah ada. Maka dari itu kami atas nama pimpinan sementara dan ketua sementara (Ma'mun Solikhin) minta untuk melakukan koordinasi kepada ketua-ketua fraksi lainnya sebagai bargaining position untuk AKD," kata Indra atau yang lebih sering disapa sebagai Engah itu, Kamis (19/9/24).

Engah menambahkan bahwa pada prinsipnya di perpolitikan DPRD Riau saat ini sifatnya merangkul dan tidak akan ada yang ditinggalkan.

Maka, ia menyebut, untuk posisi pimpinan komisi dapat dibicarakan dengan baik.

"Ada delapan fraksi, tentu kita bagaimana bisa bersinergi, selaras, agar semua dapat jatah pimpinan komisi, tidak ada yang ditinggalkan," ujarnya.

Diketahui, ada delapan fraksi di DPRD Riau yaitu fraksi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), fraksi Golkar, fraksi PKS, fraksi Gerindra, fraksi Demokrat, fraksi PKB, fraksi NasDem, dan terakhir fraksi gabungan PAN-PPP.

Sementara itu menurut Ketua DPRD Riau Sementara, Ma'mun Solikhin, seluruh nama untuk pembentukan fraksi di DPRD Riau sudah final dan akan diparipurnakan siang nanti.

"Kami sudah musyawarah mufakat dan sepakat pembentukan fraksi DPRD Riau di Paripurna," sebutnya.

Politisi PDIP itu menambahkan setelah pembentukan fraksi akan diteruskan dengan pembentukan panitia kerja untuk pembentukan tata tertib DPRD Riau.

"Seiring berjalan waktu nanti dilakukan pembentukan alat kelengkapan dewan, dan menunggu pengusulan untuk Pimpinan Definitif DPRD Riau," paparnya.

Adapun nama-nama ketua fraksi yang diajukan partai politik di DPRD Riau adalah Nalladia Ayu Rokan sebagai Ketua Fraksi Golkar, Ayat Cahyadi Ketua Fraksi PKS, Ginda Burnama Ketua Fraksi Gerindra, Munawar Syahputra Ketua Fraksi Nasdem, Kasir Ketua Fraksi PKB, Diski Ketua Fraksi Gabungan PAN-PPP.

Sedangkan untuk Ketua Fraksi Demokrat dan PDIP masih dirahasiakan hingga paripurna nanti.

 

 

 

#DPRD Provinsi Riau #Politik

Follow WhatsApp Channel RiauAktual untuk update berita terbaru setiap hari
Ikuti RiauAktual di GoogleNews

DPRD Provinsi Riau

Index

Berita Lainnya

Index