Current Date: Jumat, 20 September 2024

Kaderismanto, Ma'mun Solikhin dan Soniwati Diusulkan Jadi Ketua DPRD Riau Periode 2024-2029

Kaderismanto, Ma'mun Solikhin dan Soniwati Diusulkan Jadi Ketua DPRD Riau Periode 2024-2029
Tiga kader PDIP diusulkan menjadi Ketua DPRD Riau periode 2024-2029 (foto:gedung DPRD Riau/int)

Riauaktual.com - Tiga nama anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Riau dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) diusulkan menjadi Ketua DPRD Riau periode 2024-2029.

Tiga nama tersebut adalah Ma'mun Solikhin yang kini menjadi Ketua DPRD Riau sementara sekaligus Bendahara DPD PDIP Riau, Kaderismanto Sekretaris DPD PDIP Riau, dan Soniwati Wakil Ketua Bidang Pariwisata.

Ketua Badan Pemenangan Pemilu (Bappilu) DPD PDIP Riau Syafaruddin Poti mengungkap tiga nama tersebut telah resmi diusulkan kepada DPP PDIP.

Mantan Wakil Ketua DPRD Riau periode 2019-2024 yang kini mencalonkan diri sebagai Wakil Bupati Rokan Hulu itu menegaskan bahwa keputusan akhir untuk memilih siapa yang akan jadi Ketua DPRD Riau berada di tangan DPP PDIP.

"Nanti ada asesmennya," kata dia, Kamis (19/9/24).

Mengenai kriteria kandidat yang kuat untuk dipilih, Syafaruddin memprediksi yang paling menjadi pertimbangan bagi DPP adalah kader yang memiliki pengalaman.

"Pengalaman di DPRD Provinsi juga menjadi syarat utama. Tentunya juga kader yang mampu mengayomi masyarakat, memiliki jiwa nasionalis, mampu merangkul keragaman yang ada di Riau, serta tidak memiliki masalah rekam jejak," jelasnya.

Saat ini, Syafaruddin menambahkan, proses asesmen calon Ketua DPRD Riau belum dilaksanakan.

"Biasanya (nama yang dipilih) akan mengumumkan hasilnya sekitar satu minggu setelah proses asesmen selesai," tutupnya.

Diketahui, PDIP berhak menduduki kursi Ketua DPRD Riau karena menjadi pemenang pada Pemilu 2024 lalu. PDIP berhasil mengamankan 11 kursi di DPRD Riau, satu kursi lebih unggul dari Golkar dan PKS.

Sementara itu untuk posisi Wakil Ketua DPRD Riau menjadi hak Golkar, PKS dan Gerindra. 

#Politik #DPRD Provinsi Riau

Follow WhatsApp Channel RiauAktual untuk update berita terbaru setiap hari
Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Politik

Index

Berita Lainnya

Index