Current Date: Jumat, 20 September 2024

Sekdaprov Riau Resmikan Bendungan Pulau Tobek Katoman Indah, Destinasi Wisata dan Irigasi Baru di Kampar

Sekdaprov Riau Resmikan Bendungan Pulau Tobek Katoman Indah, Destinasi Wisata dan Irigasi Baru di Kampar
Sekretaris Daerah Provinsi (Sekdaprov) Riau, SF Hariyanto meresmikan Bendungan Pulau Tobek Katoman Indah di Kelurahan Air Tiris, Kecamatan Kampar, Kabupaten Kampar

Riauaktual.com - Sekretaris Daerah Provinsi (Sekdaprov) Riau, SF Hariyanto, meresmikan Bendungan Pulau Tobek Katoman Indah yang terletak di Kelurahan Air Tiris, Kecamatan Kampar, Kabupaten Kampar, pada Ahad (15/9/2024). Peresmian ini dihadiri oleh Pj Sekretaris Daerah Kabupaten Kampar, Ahmad Yuzar, serta tokoh masyarakat, adat, dan agama setempat.

Bendungan ini dibangun oleh Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau melalui Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruang, Perumahan Kawasan Pemukiman dan Pertanahan (PUPR-PKPP) Riau pada tahun 2024 sebagai solusi cepat atas keluhan masyarakat terkait irigasi sawah yang tidak berfungsi dengan baik. Bendungan tersebut diharapkan dapat mengatasi masalah kekeringan sawah saat musim kemarau.

Selain berfungsi sebagai irigasi bagi sawah dan kolam ikan masyarakat, bendungan ini juga dirancang sebagai destinasi wisata baru di Air Tiris, yang sebelumnya sudah dikenal sebagai kawasan wisata religi dan budaya dengan keberadaan Masjid Jami' Air Tiris.

Sekdaprov Riau, SF Hariyanto, berharap kehadiran Pulau Tobek Katoman Indah dapat meningkatkan kunjungan wisata di Air Tiris serta memberi dampak positif terhadap perekonomian masyarakat, terutama dalam meningkatkan pendapatan UMKM lokal.

"Saya berharap kehadiran Pulau Tobek Katoman Indah ini akan meningkatkan kunjungan wisata di Air Tiris dan berdampak positif bagi perekonomian masyarakat," ujar SF Hariyanto.

Selain itu, bendungan ini juga diharapkan bisa menjadi lokasi kegiatan olahraga tradisional, seperti pacu sampan, yang dapat menarik lebih banyak wisatawan.

Pj Sekda Kabupaten Kampar, Ahmad Yuzar, turut mengapresiasi gerak cepat Pemprov Riau dalam merespons kebutuhan masyarakat. "Ini adalah bukti nyata kepedulian Pak SF Hariyanto. Tidak hanya membangun tobek ini, beliau juga berhasil menyelesaikan beberapa jembatan yang sebelumnya mangkrak selama tujuh tahun di Kampar," kata Ahmad Yuzar.

Tokoh masyarakat Air Tiris, Haris, juga menyampaikan rasa terima kasih atas peresmian bendungan yang selesai dibangun dalam waktu yang relatif singkat, hanya dalam kurun waktu lima bulan. Ia berharap Pemprov Riau dapat melanjutkan pembangunan infrastruktur penunjang, seperti jalan menuju Pulau Tobek Katoman Indah.

"Terima kasih Pak Sekda atas bantuannya. Kami berharap setelah ini pembangunan jalan menuju Pulau Tobek Katoman Indah bisa dilanjutkan," harap Haris.

Bendungan Pulau Tobek Katoman Indah ini mencakup daerah irigasi seluas 186,98 hektare, yang diharapkan akan mendukung pertanian dan perikanan masyarakat, sekaligus menjadi daya tarik wisata baru di Kabupaten Kampar.

#Pemprov Riau

Follow WhatsApp Channel RiauAktual untuk update berita terbaru setiap hari
Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index