Seluruh Jamaah Haji Asal Riau Pulang dengan Selamat, 8 Jamaah Wafat di Tanah Suci

Seluruh Jamaah Haji Asal Riau Pulang dengan Selamat, 8 Jamaah Wafat di Tanah Suci
Ilustrasi Haji

Riauaktual.com - Plt Kepala Kanwil Kemenag Riau, Muliardi, mengumumkan bahwa seluruh jamaah haji asal Riau telah pulang ke tanah air dengan selamat dan menerima pelayanan yang baik. Kepulangan jamaah dimulai dari Arab Saudi hingga ke tanah air melalui debarkasi Haji Batam pada Minggu (7/7). 

"Alhamdulillah seluruh Jamaah Haji kita sudah pulang ke tanah air. Kloter terakhir kloter 14. Ada sebanyak 386 Jamaah Haji yang pulang, yakni dari Inhil sebanyak 21 Jamaah, Bengkalis 2 Jamaah, Pekanbaru 82 Jemaah, dan Rokan Hilir 282 Jamaah. Seluruh Jamaah kita dalam keadaan sehat," ujar Muliardi.

Selama pelaksanaan ibadah haji, delapan jamaah haji asal Riau meninggal dunia, menurun dari 20 orang pada tahun sebelumnya. 

"Selama di tanah suci, jamaah yang wafat sebanyak 8 orang, 3 orang meninggal di Madinah, 3 orang di Mekkah, 1 orang di Arafah, dan 1 orang setelah puncak Haji. Bila dibandingkan dengan tahun yang lalu, berkurang, tahun 2023 sebanyak 20 orang yang wafat," jelas Muliardi.

Pemerintah Provinsi Riau terus memberikan perhatian kepada jamaah haji yang telah pulang. Kepala Biro Kesra Provinsi Riau, Imron Rosyadi, menyatakan bahwa pihaknya bersama pemerintah kabupaten/kota telah menjemput jamaah haji asal Pelalawan dan Kepulauan Meranti pada Kamis (4/7) malam bersama Bupati Pelalawan Zukri dan Plt Bupati Kabupaten Kepulauan Meranti Asmar. 

"Alhamdulillah kita sudah dua kali menyambut Jamaah Haji Riau, di Debarkasi Batam. Kemarin yang kita jemput Jamaah Haji asal Pelalawan dan Merangi, dari kloter 12 ini ada 447 Jamaah. Awalnya pak Pj Gubri yang akan ikut menyambut, tapi beliau mendadak ada acara. Jadi kami bersama Bupati yang menyambut. Hari ini Minggu, kita juga menyambut Jamaah Haji Riau yang terakhir kloter 14, sebanyak 386 orang,” ujar Imron.

Imron menjelaskan bahwa dari 447 jamaah haji kloter 12, terdapat 335 jamaah asal Kabupaten Pelalawan dan 112 jamaah asal Kepulauan Meranti. 

"Kita totalnya kan ada 14 kloter, masih ada kloter lagi. Jadwal terakhir kepulangan 7 Juli nanti. Selamat datang bagi jemaah haji yang telah kembali ke tanah air. Saya sangat senang mendengar kabar kepulangan mereka dan Alhamdulillah, semua selamat dan sehat," ujar Imron.

#Riau

Follow WhatsApp Channel RiauAktual untuk update berita terbaru setiap hari
Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index