Syamsuar Sambut Rencana Investasi Besar dari Singapura

Syamsuar Sambut Rencana Investasi Besar dari Singapura
Drs. H. Syamsuar, M.Si., menerima kunjungan silaturahmi dari Konjen Singapura Gavin Ang dan rombongan.

Riauaktual.com - Gubernur Riau periode 2019-2023, Drs. H. Syamsuar, M.Si., menerima kunjungan silaturahmi dari Konsulat Jenderal (Konjen) Singapura Gavin Ang dan rombongannya. Pertemuan tersebut dilaksanakan dengan sarapan bersama di salah satu kedai kopi ternama di Jalan Senapelan, Pekanbaru, pada Kamis (27/6/2024).

Gavin Ang menyampaikan bahwa pihaknya berencana membawa perusahaan Singapura yang tertarik untuk berinvestasi di Provinsi Riau.

"Saya sangat senang berada di Indonesia hingga sampai di Pekanbaru. Kami di sini melihat peluang investasi. Riau adalah gerbang investasi Sumatera, dan saya akan mencoba membawa perusahaan Singapura datang ke Riau untuk berinvestasi," ungkapnya.

Menanggapi rencana Konjen Singapura ini, Drs. H. Syamsuar, M.Si., menawarkan tiga peluang investasi. "Pertama, investor bisa mempertimbangkan investasi di bidang pangan," ujarnya.

Sebagaimana diketahui, Kabupaten Bintan, Kepulauan Riau (Kepri), pada tahun 2023 telah melakukan ekspor perdana ayam hidup ke Singapura melalui Pelabuhan Sei Payung, Batu Enam, Tanjungpinang, Kepri.

"Biasanya ayam hidup dipasok dari Malaysia, namun saat ini pengiriman dilakukan oleh Indonesia dari Provinsi Kepri," ujar Syamsuar.

Kedua, Syamsuar menawarkan investasi yang berkaitan dengan pusat IT. "Investor dapat membuat kabel bawah laut di pulau terdekat, yang nantinya akan dijadikan pusat data," terangnya.

Usulan ketiga yang ditawarkan Syamsuar adalah energi hijau. Sejak terpilih menjadi Gubernur Riau, Syamsuar menggagas konsep Riau Hijau, yaitu optimalisasi pengelolaan sumber daya alam untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat Riau menuju pembangunan berkelanjutan.

Ada tiga kebijakan penting di dalamnya, yakni meningkatkan upaya pengendalian kerusakan dan pencemaran lingkungan hidup, kualitas pengelolaan sumber daya alam (SDA), serta bauran energi dari sumber daya alam terbarukan.

Syamsuar mengatakan, investor dari Singapura menginginkan lokasi investasi yang dekat dengan daerahnya. Kepercayaan investor Singapura untuk membicarakan investasi besar di Riau memberikan semangat baru bagi Syamsuar dalam menghadapi Pilkada Riau 2024.

"Dia menemui saya karena hubungan baik yang terjalin selama ini. Selama lima tahun ini, ekonomi di Riau bagus dan hubungan Riau dengan Singapura baik," ungkapnya.

Konsul menyampaikan salam Menteri Luar Negeri Singapura kepada Syamsuar dan juga ingin bersilaturahmi. "Saya dengan senang hati menerima rencana Menteri Luar Negeri Singapura untuk bersilaturahmi," ujar Syamsuar.

Follow WhatsApp Channel RiauAktual untuk update berita terbaru setiap hari
Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index