Pelebaran Jalan Sultan Syarif Kasim, Pagar Masjid Annur dan Tiang Listrik di Median Sudah Dibongkar

Pelebaran Jalan Sultan Syarif Kasim, Pagar Masjid Annur dan Tiang Listrik di Median Sudah Dibongkar
Pelebaran Jalan Sultan Syarif Kasim Pekanbaru

Riauaktual.com - Pelebaran Jalan Sultan Syarif Kasim (SSK) Pekanbaru terus dikebut. Saat ini, tiang listrik dan tanaman di median jalan sudah dibongkar.

Di lokasi, terlihat pekerja mulai membangun pagar baru Masjid Raya Annur. Pagar lama yang sebelumnya menjadi pembatas antara kawasan masjid dan jalan SSK telah dibongkar pekan lalu.

"Sudah dibongkar (pagar lama). Sekarang sedang membangun pagar baru," kata Kepala Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruang, Perumahan, Kawasan Pemukiman dan Pertanahan (PUPR-PKPP) Provinsi Riau, melalui Kabid Cipta Karya, Thomas Larfo Dimiera, Ahad (23/6/24) kemarin.

Menurut Thomas, pembangunan pagar baru Masjid Raya Annur ini dilakukan di bagian dalam kawasan masjid, dengan jarak lima sampai enam meter dari pagar lama yang telah dibongkar.

Di area ini nantinya akan dibangun pedestrian untuk pejalan kaki sekaligus mempercantik kawasan jalan SSK yang akan segera diperlebar.

"Nanti di pedestrian jalan kita buatkan kursi, lampu. Seperti di Jalan Sudirman. Lebar pedestrian lima meter. Kita harap dengan kondisi ini nantinya selain memperindah, masyarakat juga semakin nyaman," papar Thomas.

Terkait pembangunan pagar baru, pihak Cipta Karya (CK) berharap bisa secepat mungkin menyelesaikannya, termasuk pedestrian. Dengan begitu, rencana pelebaran jalan SSK pun bisa segera dilakukan. 

"Kalau pekerjaan yang menjadi tanggung jawab CK adalah pagar Annur dan pedestrian. Sedangkan pelebaran jalan dan pembongkaran median jalan dilakukan oleh Bina Marga," ujar Thomas.

Sementara itu, Kabid Bina Marga Dinas PUPRPKPP, Teja Dasra, menyatakan bahwa pembongkaran median jalan akan dilakukan secepatnya, seiring dengan pembongkaran tiang listrik dan tanaman di median jalan tersebut. "Secepatnya," ungkap Teja.

Adapun untuk pelebaran dan pengaspalan jalan, Teja memastikan bahwa setelah semua tahapan tuntas, pihaknya akan langsung memulai proses pelebaran dan pengaspalan. 

"Pekerjaannya pasti bertahap. Karena nanti ada pengerasan dengan material base terlebih dahulu. Saat ini, tahapan-tahapan sedang dikerjakan," tutupnya.

#Pemprov Riau

Follow WhatsApp Channel RiauAktual untuk update berita terbaru setiap hari
Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index