Dr. Mariaty Ibrahim Gelar Pelatihan Pembukuan Sederhana untuk UMKM Pekanbaru

Dr. Mariaty Ibrahim Gelar Pelatihan Pembukuan Sederhana untuk UMKM Pekanbaru
Dr. Mariaty Ibrahim Gelar Pelatihan

Riauaktual.com - UMKM merupakan sebuah bisnis atau usaha produktif yang dijalankan baik secara perorangan, kelompok, rumah tangga, maupun badan usaha kecil yang memenuhi standar sebagai usaha mikro.

Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) memiliki peranan yang sangat penting juga strategis dalam meningkatkan perekonomian Indonesia. UMKM memberikan banyak sumbangan dalam Produk Domestik Bruto dan membantu menurunkan angka pengangguran dengan membuka lapangan pekerjaan.  

Namun, berdasarkan hasil riset dan temuan pada saat melaksanakan kegiatan pengabdian masyarakat dari seorang dosen Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Riau, Dr. Mariaty Ibrahim, S. Sos, M. Si. Ditemukan masih banyak UMKM yang kurang memahami literasi keuangan terutama dalam pembukuan sederhana pada usaha bisnis yang dilakukannya.

Oleh karena itu, Mariaty memiliki tekad untuk membantu meminimalisir permasalahan tersebut dengan cara memberikan sosialisasi dan pelatihan pembukuan sederhana dengan menggunakan aplikasi LAMIKRO yang dicetuskan oleh Kementrian Koperasi dan UKM pada tahun 2017.

Beliau telah melakukan kegiatan sosialisasi dan pelatihan LAMIKRO pada Jumat 14 Juni 2024 di Kelurahan Sialang Rampai Kecamatan Kulim, Kota Pekanbaru.

Menurut Informasi terdapat lebih kurang 50 pelaku UMKM pada Kelurahan Sialang Rampai tersebut. Pada saat proses pelatihan LAMIKRO dilakukan, para pelaku UMKM terlihat sangat antusias untuk mempelajari dan memahami cara penggunaan serta pembukuan sederhana dengan aplikasi LAMIKRO tersebut.

Bahkan, salah satu pelaku UMKM juga meminta kesediaan Dr. Mariaty Ibrahim dan tim untuk memberikan pelatihan kepada pelaku UMKM lainnya di Kecamatan Kulim, Kota Pekanbaru. Selain melakukan sosialisasi LAMIKRO, dilakukan juga demonstrasi pembuatan produk kuliner untuk menambah pengetahuan dan produk yang dapat dikembangkan oleh para pelaku UMKM.  

Dr. Mariaty Ibrahim dibantu oleh beberapa rekannya yakni, Dra. Etika, M. Par., Mashur Fadli SE., M. Si., yang merupakan dosen Jurusan Ilmu Administrasi program studi Administrasi Bisnis dan Program studi Usaha Perjalanan Wisata, serta dibantu oleh seorang mahasiswa R. Annisa Amelia Putri.

kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini, tidak terlepas dari motivasi dan partisipasi yang diberikan oleh Lurah Sialang Rampai yaitu Bapak Irianto, S. Hi.

#Pendidikan

Follow WhatsApp Channel RiauAktual untuk update berita terbaru setiap hari
Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index