Pemprov Riau Bentuk Badan Riset dan Inovasi Daerah

Pemprov Riau Bentuk Badan Riset dan Inovasi Daerah
Pemprov Riau Bentuk Badan Riset dan Inovasi Daerah

Riauaktual.com - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau tahun ini dipastikan memiliki Organisasi Perangkat Daerah (OPD) baru, yaitu Badan Riset dan Inovasi Daerah (Brida) Provinsi Riau. Pembentukan Brida Riau bertujuan untuk meningkatkan kegiatan riset dan inovasi di provinsi ini.

Penjabat (Pj) Gubernur Riau, SF Hariyanto, menyampaikan bahwa saat ini panitia seleksi (Pansel) Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama (JPTP) atau eselon II Pemprov Riau sedang menjaring calon pejabat yang akan mengisi posisi kepala OPD tersebut.

"Pengisian kepala OPD Brida sedang dalam proses seleksi oleh Pansel JPTP," kata SF Hariyanto pada Selasa, 11 Juni 2024 kemarin.

Pemprov Riau juga segera mengisi pegawai yang akan ditempatkan di Brida Riau. Untuk proses ini, Peraturan Gubernur (Pergub) Riau tentang Penataan Susunan Organisasi dan Tata Kerja (SOTK) Perangkat Daerah telah disiapkan.

"Selain memilih kepala OPD, kami juga menyiapkan pegawai yang akan bekerja di Brida Riau," tambahnya.

Pj Gubernur Riau juga menekankan pentingnya persiapan kantor untuk OPD baru ini. "Kantor Brida Riau segera kita siapkan. Kalau orangnya (pegawai) kita siapkan, tentu rumahnya (kantor) kita siapkan juga," ujar SF Hariyanto.

Untuk itu, Pj Gubernur Riau telah menginstruksikan Pj Sekretaris Daerah Provinsi (Sekdaprov) Riau untuk segera menyiapkan kantor Brida Riau.

"Kita minta Pak Sekda siapkan kantor Brida. Dimana aset kita yang bisa digunakan untuk kantor Brida, biar disiapkan Pak Sekda," sebutnya.

Kehadiran Brida Riau nantinya akan diisi oleh empat pejabat struktural, yaitu kepala badan, sekretaris, dan dua kepala sub bagian. Selain itu, OPD ini juga akan diisi oleh beberapa Jabatan Fungsional (JF) yang mendukung fungsi riset dan inovasi.

Pembentukan Brida Riau ini diharapkan dapat mendukung berbagai program riset dan inovasi yang berfokus pada pengembangan daerah. Dengan adanya OPD ini, Pemprov Riau berharap dapat meningkatkan kualitas kebijakan berbasis data dan riset, serta mendorong inovasi di berbagai sektor untuk kemajuan Riau.

Langkah ini juga sejalan dengan upaya pemerintah untuk meningkatkan efisiensi dan efektivitas organisasi perangkat daerah, sehingga mampu memberikan pelayanan yang lebih baik kepada masyarakat. Brida Riau diharapkan menjadi pusat inovasi dan riset yang dapat memberikan kontribusi nyata bagi pembangunan daerah dan kesejahteraan masyarakat Riau.

#Pemprov Riau

Follow WhatsApp Channel RiauAktual untuk update berita terbaru setiap hari
Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index