Jumat Curhat, Polres Kuansing: Mari Ciptakan Situasi Aman dan Kondusif Jelang Pilkada 2024

Jumat Curhat, Polres Kuansing: Mari Ciptakan Situasi Aman dan Kondusif Jelang Pilkada 2024
Kapolres Kuantan Singingi AKBP Panguncap Priyo Soegito saat Jumat Curhat bersama masyarakat.

Riauaktual.com - Polres Kuantan Singingi (Kuansing) menggelar acara "Jumat Curhat Cooling System" untuk menjaga keamanan dan kondusivitas jelang Pemilukada 2024.

Acara ini dilaksanakan pada Jumat, 7 Juni 2024, pukul 08.00 WIB di Kedai Kopi Sinar Bali, Jalan Jend Sudirman, Kecamatan Kuantan Tengah, Kabupaten Kuansing.

Acara ini juga menjadi ajang silaturahmi antara Kapolres Kuansing dan tokoh masyarakat setempat.

Acara dihadiri oleh Kapolres Kuansing AKBP Pangucap Priyo Soegito, Wakapolres Kuansing Kompol Robet Arizal, Kabag SDM Kompol Y Emanuel Bambang Dewanto, Kasat Intelkam AKP Jhon W.H. Matondang, Kasat Narkoba AKP Novris H Simanjuntak, Kasat Lantas AKP Boy Setiawan, Kasat Binmas AKP Yuhelmi, Kepala Inspektorat Kuansing Andi Zul Fitri, serta perwira dan anggota Polres Kuansing.

Turut hadir anggota DPRD Kuansing Muslim, Sekretaris Partai Nasdem Efendi, Wakil Ketua Partai Nasdem Mahmudin, Pengurus Sekretariat Partai Nasdem, dan tokoh masyarakat Kecamatan Kuantan Tengah, Raden.

AKBP Pangucap Priyo Soegito, menyampaikan beberapa pesan penting dalam acara tersebut. Polri dapat berinteraksi langsung dengan masyarakat untuk mendengarkan saran, kritikan, masukan, aduan, dan keluhan warga, khususnya di wilayah hukum Polres Kuansing.

"Kami juga mengajak tokoh masyarakat Kabupaten Kuansing untuk menjaga situasi kamtibmas menjelang pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, serta Walikota dan Wakil Walikota tahun 2024," katanya.

Ia menyatakan bahwa Polres Kuansing dan jajarannya siap mengamankan setiap tahapan Pemilu 2024. Dalam pesannya, Kapolres menekankan pentingnya netralitas ASN dan menghindari keterlibatan dalam partai politik serta ujaran kebencian dan berita hoaks.

"Terutama yang terkait SARA dan politik uang, demi terciptanya pemilu yang damai dan aman," ujar AKBP Panguncap.

Pada kesempatan itu, anggota DPRD Kabupaten Kuansing sekaligus Ketua Partai Nasdem, Muslim, mengajak masyarakat membantu pemerintah daerah dan Polres Kuansing menjaga situasi kondusif menjelang pemilu serta mendukung penuh program Polres Kuansing untuk menciptakan keamanan di wilayah Kabupaten Kuansing.

"Saya juga meminta tokoh masyarakat untuk menjaga kondusivitas, waspada terhadap hoaks, menghindari unsur SARA dan konflik, serta mematuhi peraturan pemilu. Muslim mengharapkan agar tokoh masyarakat membawa perubahan positif melalui kebudayaan untuk pertumbuhan ekonomi dan menjaga budaya masing-masing suku," jelas Muslim.

Kepala Inspektorat Kuansing, Andi Zul Fitri, menekankan netralitas ASN dan menghindari keterlibatan dalam politik, ujaran kebencian, berita hoaks, dan politik uang. Ia mendukung penuh program Polres Kuansing dalam menciptakan keamanan di wilayah Kabupaten Kuansing.

"Kami juga mengimbau seluruh ASN dan kepala desa untuk netral dalam pilkada, mengajak semua elemen masyarakat dan instansi di Kabupaten Kuansing untuk mewujudkan Pemilu damai 2024, dan mengingatkan bahwa perbedaan pilihan politik tidak boleh mengganggu pemilu dan menyebabkan konflik di Kabupaten Kuansing," dijelaskan Andi.

Acara Jumat Curhat ini berlangsung hingga pukul 09.30 WIB dalam suasana yang aman dan kondusif, mencerminkan komitmen bersama untuk menjaga keamanan dan kedamaian menjelang Pemilu 2024.

#PILKADA DAN PILGUB #Kuansing #POLISI PEMILU

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index