Jokowi Resmikan Jalan Tol Pekanbaru-Padang Tahap 1 di Kampar

Jokowi Resmikan Jalan Tol Pekanbaru-Padang Tahap 1 di Kampar
Jokowi Resmikan Jalan Tol Pekanbaru-Padang Tahap 1 di Kampar

Riauaktual.com - Presiden Joko Widodo meresmikan Jalan Tol yang menghubungkan Riau-Sumatera Barat di Kabupaten Kampar, Riau Jumat (31/5). Tol yang diresmikan itu berada di XIII Koto Kampar pada seksi Bangkinang-Pangkalan tahap 1.

"Hari ini saya meresmikan jalan tol Pekanbaru-Padang seksi Bangkinang-Pangkalan tahap 1 yaitu Bangkinang-Koto Kampar telah selesai dengan panjang 24,7 KM yang kita bangun sejak 2019-2024 menghabiskan anggaran Rp4,8 triliun telah selesai dan bisa digunakan," ujar Jokowi di Kampar, Riau.

Jokowi menyebutkan, pembangunan jalan tol itu merupakan sirip dari tol Trans Sumatera. Dia berharap setiap tahunnya sambungan tol yang belum selesai segera dituntaskan.

"Kita harapkan nanti setiap tahun akan sambung-sambung dan nanti sampai Pekanbaru, sampai ke Kota Padang," kata Jokowi.

Selain itu, Jokowi juga menyampaikan berkaitan dengan jalan daerah, Inpres jalan daerah di Provinsi Riau telah  dibangun dan diperbaiki 10 ruas jalan sepanjang 63 km dan menghabiskan anggaran Rp 369 miliar sudah selesai.

"Saya titip kepada gubernur, bupati dan wali kota yang hadir agar jalan tol yang telah selesai ini direncanakan didesain untuk disambungkan ke kawasan produktif. Baik itu kawasan pertanian, perkebunan dan pariwisata sehingga betul-betul ada manfaatnya rakyat dan bagi pertumbuhan ekonomi daerah," jelas Jokowi.

Jokowi mengunjungi Riau didampingi Menteri ATR/BPN Agus Harimurti Yudhoyono dan Menteri PUPR Basuki Hadi Muljono. Mereka ditemani Pj Gubernur Riau SF Hariyanto, Kapolda Riau Mohammad Irjen Pol Mohammad Iqbal.

Jalan Tol Bangkinang - XIII Koto Kampar dipastikan secara operasional sudah tidak ada masalah. Semua infrastruktur pendukung juga dinyatakan sudah siap.  

"Secara operasional kita sudah siap," kata Branch Manager (BM) PT Hutama Karya, Jarot Seno Wibawa, Selasa (28/5) lalu.

Ada pun infrastruktur pendukung tersebut seperti lampu penerangan, kemudian rambu-rambu peringatan di sepanjang jalan bebas hambatan yang ada di ruas tol Pekanbaru - Pangkalan tersebut.

"Rambu-rambu pendukung sudah dilengkapi. Penerangan juga sudah," ujar Jarot. 

Tol sepanjang 24,7 kilometer sebelumnya sudah diuji coba pada momen perayaan Idul Fitri lalu. Uji coba  jalan tol tersebut untuk mendukung arus mudik dan balik lebaran Idulfitri 2024, secara fungsional. 

Kehadiran ruas tol ini sangat penting sebagai penghubung antara Provinsi Riau dan Sumatera Barat (Sumbar). Semasa dilakukan ujicoba, Jalan tol fungsional itu dapat memangkas waktu tempuh perjalanan dari Pekanbaru menuju Koto Kampar atau sebaliknya dari semula 3 jam lebih menjadi 1 hingga 1 jam 30 menit.

#JALAN TOL

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

JALAN TOL

Index

Berita Lainnya

Index