Jelang Pilwako Pekanbaru, Pj Wako Risnandar Siap Jaga Stabilitas Politik

Jelang Pilwako Pekanbaru, Pj Wako Risnandar Siap Jaga Stabilitas Politik
Pj Walikota Pekanbaru, Risnandar Mahiwa

Riauaktual.com - Risnandar Mahiwa, baru saja dilantik sebagai Penjabat (Pj) Walikota Pekanbaru, menggantikan kepimpinan Muflihun. Pasca transisi kepimpinan ini, sejumlah tugas dititipkan Pj Gubernur Riau SF Hariyanto, salah satunya terkait Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak.

Jelang menghadapi pesta demokrasi Pilkada serentak pada 27 November 2024, Pj Wali Kota Pekanbaru Risnandar Mahiwa, berkomitmen untuk menjaga stabilitas politik di tengah masyarakat kota Pekanbaru.

Dikatakan dia, menciptakan suasana politik yang kondusif dan harmonis sangat penting dilakukan. Hal tersebut untuk mendukung, keamanan, pembangunan, serta kesejahteraan masyarakat.

Terlebih, Kota Pekanbaru merupakan ibu kota Provinsi Riau yang menjadi acuan bagi bagi daerah lainnya. Sehingga, menjadi landasan untuk menjalankan berbagai program pemerintahan yang telah direncanakan.

"Kami akan melihat tentunya dengan teman-teman Forkopimda dari sisi stabilitas politik yang ada di kota Pekanbaru. Karena stabilitas politik di Pekanbaru adalah barometer Provinsi Riau," kata Pj Wako Pekanbaru, Risnandar Mahiwa, Minggu (26/5).

Risnandar menegaskan, pihaknya bakal terus menjalin komunikasi dengan tokoh masyarakat, pemimpin agama, serta berbagai pemangku kepentingan di Pekanbaru. Tujuannya adalah untuk meredam potensi konflik dan menciptakan kesepahaman bersama dalam menghadapi berbagai tantangan.

"Nanti kita perlu melakukan pendidikan politik. Pendidikan politik baik di lingkungan ormas, lingkungan sekolah, lingkungan ASN, maupun di lingkungan tokoh-tokoh agama dan lingkungan lainnya," jelasnya.

Menurutnya, seluruh aparatur pemerintah daerah harus bekerja secara profesional dan menghindari tindakan-tindakan yang dapat memicu ketegangan di masyarakat. Ia mengimbau pentingnya pelayanan publik yang transparan dan akuntabel dalam upaya menjaga stabilitas politik.

"Kalau di sini (Pekanbaru) goyang tentunya di kabupaten pasti akan goyang, tentunya perlu pengamanan yang kuat, sinergi yang kuat. Termasuk sinergi masyarakat," ungkapnya.

Risnandar menambahkan, stabilitas politik yang baik dapat membawa angin segar bagi masyarakat kota Pekanbaru. Beliau optimistis partisipasi masyarakat dalam Pilkada di Pekanbaru akan semakin meningkat dan berjalan lancar.

"Tentunya kita ingin meningkatkan partisipasi pemilih dalam kontestasi 27 November (Pilkada serentak) nantinya," pungkasnya.

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index