Pelajar SMP Santa Maria Mau Study Tour, Polisi Bawa Mekanik Periksa Bus

Pelajar SMP Santa Maria Mau Study Tour, Polisi Bawa Mekanik Periksa Bus
Pelajar SMP Santa Maria Mau Study Tour, Polisi Bawa Mekanik Periksa Bus

Riauaktual.com - Pelajar SMP Santa Maria Pekanbaru berencana study tour ke Sumatera Utara. Ratusan pelajar itu menggunakan 4 bus pariwisata. 

Untuk memastikan kondisi kelaikan bus, Personel Satlantas Polresta Pekanbaru, mengecek 4 unit bus pariwisata yang tersebut. Hal itu dilakukan untuk mengantisipasi kecelakaan di jalan.

Kasat Lantas Polresta Pekanbaru, Kompol Alvin Agung Wibawa mengatakan pengecekan dilakukan saat bus menjemput pelajar di SMP Santa Maria, Jalan Ronggo Warsito, Pekanbaru.

"Sebelum keberangkatan, kami melakukan pengecekan terhadap bus-bus yang akan membawa pelajar dari sekolah di Pekanbaru ke Sumatera Utara. Ada 4 unit bus dicek," ujar Alvin Jumat (24/5).

Tak sembarangan, Alvin membawa mekanik khusus. Mekanik itu yang melakukan pengecekan kendaraan apakah layak jalan atau tidak.

"Sengaja kami bawa mekanik untuk cek-cek semua kelayakan bus, dicek bannya, rem, semua perlengkapan keamanan karena mereka membawa pelajar jalan jauh, jadi setelah aman baru boleh berangkat," jelas Alvin.

Alvin menyampaikan pengecekan bus dan kendaraan bakal terus dilakukan. Hal itu selaras dengan Program Bulan Angkutan Umum Berkeselamatan (Bung Selamat) Polda Riau.

"Kita juga mengedukasi driver dan kernek bus soal keselamatan. Supaya menjegah terjadi kecelakaan seperti di Jawa Barat dan juga Lampung beberapa waktu terakhir," tegas Alvin.

Pengecekan akan dilakukan secara bertahap. Alvin juga menyurati Dinas Pendidikan untuk berkordinasi jika ada pelajar yang mau berangkat study tour.

"Harus kita cek dulu semua bus dan drivernya. Kedepan juga kami tes urine," kata perwira menengah jebolan Akpol 2009 itu.

Alvin menegaskan jika bus dinyatakan layak untuk berangkat, barulah bus diizinkan untuk jalan. Karena itu, Alvin mengimbau seluruh pemilik dan pengusaha transportasi untuk mengecek kendaraan secara rutin sebelum berangkat.

#Lakalantas

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Pekanbaru

Index

Berita Lainnya

Index