PWI Provinsi Riau Ditunjuk Sebagai Tuan Rumah Hari Pers Nasional 2025

PWI Provinsi Riau Ditunjuk Sebagai Tuan Rumah Hari Pers Nasional 2025
Rapat Pleno PWI Pusat

Riauaktual.com – Dalam rapat pleno yang digelar pada Rabu (22/5), Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Pusat resmi menetapkan PWI Provinsi Riau sebagai tuan rumah Peringatan Hari Pers Nasional (HPN) 2025. Penetapan ini disahkan melalui Surat Keputusan PWI Pusat Nomor 207-PLP/PP-PWI/2024 yang ditandatangani oleh Ketua Umum PWI Pusat, Hendry Ch Bangun, dan Sekjen Sayid Iskandarsyah.

Ketua Umum PWI Pusat, Hendry Ch Bangun, menyatakan bahwa dengan adanya surat keputusan tersebut, PWI Provinsi Riau perlu segera berkoordinasi dengan Pemerintah Provinsi Riau dan seluruh pemangku kepentingan setempat.

“PWI Pusat memandang perlu segera menetapkan tuan rumah Hari Pers Nasional 2025 demi kelancaran penyelenggaraan HPN 2025. Kami akan segera berdiskusi dengan tuan rumah HPN 2025 untuk mematangkan persiapannya,” ujar Hendry Ch Bangun.

Rapat pleno yang berlangsung di Kantor Pusat PWI di Jalan Kebon Sirih, Jakarta, dihadiri oleh sejumlah pengurus harian PWI Pusat, termasuk Wasekjen Raja Pane, Ketua Bidang Pendidikan M. Nasir, Ketua Bidang Kerjasama M. Sarwani, dan Wakil Ketua Bidang Organisasi Irmanto. Beberapa pengurus lainnya, seperti Ketua Bidang Advokasi dan Pembelaan Wartawan Kamsul Hasan dan wakilnya Chelsia Chan, Ketua Bidang Pembinaan Daerah M. Harris Sadikin, Ketua Bidang Organisasi Zulmansyah Sekedang, serta Herlina dari PWI Provinsi Riau, menghadiri rapat secara daring.

Pada rapat tersebut, Raja Pane menunjukkan surat dari Pengurus PWI Provinsi Riau tertanggal 7 Mei Nomor 21/PWI-R/V/2024 yang menyatakan kesediaan menjadi tuan rumah HPN 2025, serta surat persetujuan dari Penjabat Gubernur Riau dengan Nomor 500-12/Diskominfotik/1518 tertanggal 3 Mei 2024.

Peringatan HPN 2025 akan dimulai dengan acara “Road To HPN” dari tanggal 2-8 Februari dan acara puncak pada 9 Februari, yang bertepatan dengan hari Minggu. Berbagai masukan telah disampaikan untuk memeriahkan HPN 2025, termasuk saran dari Hendry Ch Bangun agar kehadiran HPN dapat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat setempat dan PWI provinsi lainnya di seluruh Indonesia.

Hendry Bangun juga menekankan pentingnya keterlibatan generasi muda yang familiar dengan dunia digital, agar informasi dan pesan mengenai HPN dapat tersampaikan dengan efektif melalui media sosial. Ia menambahkan bahwa digital adalah mesin ekonomi baru bagi Indonesia, terutama menjelang era bonus demografi.

Ketua Umum PWI Pusat juga menyarankan agar HPN 2025 lebih merakyat dengan mengadakan kegiatan di sekolah-sekolah, seperti apel bendera, cerdas cermat mengenai Kode Etik Jurnalistik, serta kegiatan keliling kampus dan kerjasama penelitian dengan perguruan tinggi setempat terkait persepsi masyarakat mengenai media massa.

Beberapa kegiatan yang akan diadakan dalam “Road To HPN” meliputi diskusi mengenai Publisher Right, pembahasan RUU Penyiaran, diskusi bertema Budaya Melayu, serta sosialisasi Lembaga Konsultasi Bantuan Hukum (LKBH) PWI Pusat.

“Penting dibuka ruang interaktif antara masyarakat dan pers di HPN 2025 mendatang, antara lain melalui kegiatan sosialisasi KEJ,” ujar Hendry Ch Bangun.

#PWI RIAU #Persatuan Wartawan Indonesia ( PWI )

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index