Prakiraan Cuaca dan Hotspot di Riau, Selasa 21 Mei 2024

Prakiraan Cuaca dan Hotspot di Riau, Selasa 21 Mei 2024
Ilustrasi

Riauaktual.com - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memperkirakan cuaca di Provinsi Riau pada Selasa, 21 Mei 2024, masih berpotensi hujan. Forecaster on Duty Bella Rizki Adelia menyampaikan bahwa cuaca pada pagi hari akan kabur dan berawan, dengan kemungkinan hujan ringan di beberapa wilayah.

"Hujan dengan intensitas ringan akan turun di sebagian wilayah Kabupaten Pelalawan, Kampar, dan Kuantan Singingi pagi ini," ujar Bella.

Pada siang hari, cuaca diperkirakan cerah berawan hingga berawan, dengan hujan ringan hingga sedang di sebagian wilayah Kabupaten Indragiri Hilir, Kuantan Singingi, Indragiri Hulu, Kampar, Bengkalis, Pelalawan, dan Kota Dumai.

Sore hingga malam hari, cuaca cerah berawan hingga berawan dengan hujan ringan hingga sedang di sebagian wilayah Kabupaten Bengkalis, Indragiri Hilir, Kampar, Rokan Hulu, Rokan Hilir, Pelalawan, Indragiri Hulu, Siak, Kota Dumai, dan Pekanbaru.

Pada dini hari, udara diperkirakan kabur dan berawan, dengan hujan ringan hingga sedang di sebagian wilayah Kabupaten Indragiri Hulu, Kampar, Bengkalis, Siak, Rokan Hilir, Pelalawan, Indragiri Hilir, Kuantan Singingi, Kota Dumai, dan Pekanbaru.

BMKG juga mengeluarkan peringatan dini untuk masyarakat agar waspada terhadap potensi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang dapat disertai petir dan angin kencang.

"Kondisi ini diprakirakan terjadi di sebagian wilayah Kabupaten Bengkalis, Kampar, Rokan Hulu, Rokan Hilir, Pelalawan, Kuantan Singingi, Siak, Kota Dumai, dan Pekanbaru pada siang, sore, malam, dan dini hari," tambah Bella.

Suhu udara di Riau diperkirakan berkisar antara 24.0 hingga 33.0 °C, dengan kelembapan udara antara 60 hingga 99%. Angin bertiup dari arah tenggara hingga barat daya dengan kecepatan 10 hingga 30 km/jam.

Prakiraan gelombang laut di wilayah perairan Provinsi Riau diperkirakan berkisar antara 0.01 hingga 0.50 meter (rendah).

Sementara itu, untuk jumlah titik panas (hotspot) di wilayah Sumatera pada update pukul 23.00 WIB tercatat sebanyak 27 titik. Di Provinsi Riau sendiri terdapat 3 titik panas, dengan rincian 2 titik di Kabupaten Kuantan Singingi dan 1 titik di Kabupaten Indragiri Hilir.

Jumlah titik panas di provinsi lain adalah Jambi dengan 8 titik, Lampung 4 titik, Sumatera Selatan 8 titik, dan Bangka Belitung 4 titik.

#Cuaca

Follow WhatsApp Channel RiauAktual untuk update berita terbaru setiap hari
Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index