Awas ! Disdukcapil Akan Lakukan Razia KTP

Awas ! Disdukcapil Akan Lakukan Razia KTP
illustrasi (int)

PEKANBARU (RA) - Untuk mengantisipasi ledakan penduduk usai lebaran, Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Pekanbaru akan melakukan Razia KTP, untuk itu, kepada masyarakat Kota Pekanbaru jangan sampai lupa membawa identitas diri kemanapun pergi.

"Razia pendatang baru ini akan digelar di beberapa titik pintu masuk Kota Bertuah. Razia ini dilakukan untuk mengantisipasi membludaknya pendatang baru," ungkap Kadisdukcapil Kota Pekanbaru, M Noer, Senin (23/8).

Dijelaskan M Noer, razia dilakukan sama seperti tahun-tahun sebelumnya, yakni mengantisipasi para pendatang baru yang tidak memiliki identitas atau yang akan menetap di Kota Pekanbaru, maka pendatang diminta membuat surat pernyataan dan membayar uang jaminan.

"Biasanya usai lebaran Kota Pekanbaru banyak kedatangan pendatang baru yang ingin mengadu nasib ke sini. Oleh karena itu, mengantisipasi membludaknya pendatang baru ini kita akan melakukan razia. Jadi, bagi masyarakat yang ingin ke sini hendaknya mempersiapkan segala kelengkapan administrasinya dari daerah asal," ujarnya.

Ditambahkannya, saat ini Disdukcapil berencana akan menggelar lebih dari empat kali razia selama sepekan. Ini tergantung berapa banyak masyarakat yang tidak memiliki identitas Pekanbaru yang terjaring. Jika banyak masyarakat yang terjaring bisa saja razia akan digelar lebih dari yang diperkirakan.

"Usai lebaran ini kita bakal mengelar raziah minimal sebanyak 6 kali pada titik-titik pintu masuk dari Barat, Timur, Utara dan Selatan. Selain itu dijalan-jalan umum  dan tempat-tempat keramaian seperti mall," pungkasnya. (RA5)

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index