Pemprov Riau Tinjau Proyek Pembangunan Jembatan Penghubung Pulau Bengkalis

Pemprov Riau Tinjau Proyek Pembangunan Jembatan Penghubung Pulau Bengkalis
Pemprov Riau Tinjau Proyek Pembangunan Jembatan

Riauaktual.com — Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau meninjau secara langsung lokasi proyek pembangunan jembatan penghubung Pulau Bengkalis. Peninjauan ini dilakukan oleh Pj Gubernur Riau yang diwakili oleh tim Tenaga Ahli Infrastruktur, Ahmad Ismail, bersama Kepala Kontraktor Consultan Sino Road and Bridge Group Co (SRBGC) Ltd, Ika Puspita Sari. SRBGC merupakan anak perusahaan dari China State Construction Engineering Corporation (CSCEC).

Turut hadir dalam peninjauan ini pihak dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bengkalis untuk memastikan progres pembangunan sesuai dengan rencana. Kegiatan ini berlangsung pada hari Jumat (17/05/2024).

Jembatan penghubung Sungai Pakning-Pulau Bengkalis merupakan salah satu proyek strategis yang sangat dinantikan oleh masyarakat. Pembangunan ini diharapkan dapat meningkatkan konektivitas antar-pulau di wilayah Bumi Lancang Kuning dan memperlancar arus transportasi serta perdagangan.

Selama tinjauan, tim mengecek kondisi lapangan dan berkoordinasi dengan pihak-pihak pemangku kepentingan untuk memastikan pembangunan berjalan sesuai dengan standar yang telah ditetapkan.

Kepala Kontraktor Consultan SRBGC, Ika Puspita Sari, mengatakan bahwa lokasi ini sangat tepat untuk dibangun jembatan penghubung guna meningkatkan konektivitas antarwilayah. Ia juga berpesan kepada Pemprov Riau agar pembangunan ini diusulkan sebagai proyek strategis nasional (PSN) untuk mempercepat prosesnya.

“Hasil peninjauannya bagus, kita sudah lihat rencana bentang luasan maupun titik awal pembangunan dan titik akhir. Kita berharap segera diproses menjadi proyek strategis nasional (PSN), supaya kita sebagai kontraktor dan investor bisa mempercepat proyek ini,” katanya.

“Progres awalnya ini tergantung dari pemerintah, karena untuk sekarang DED (Detail Engineering Design) masih dirancang. Namun, rencana rancangannya sudah ada,” lanjutnya.

Sementara itu, Kadis PUPR Bengkalis, Ardiansyah, menjelaskan bahwa dari rancangan saat ini, terhitung dari titik as jalan provinsi menuju kabupaten adalah 8,9 kilometer (KM). Sedangkan untuk bentangan jembatannya diperkirakan sepanjang 7,6 KM yang menghubungkan Desa Bukit Batu dan Desa Pangkalan Barat, Bengkalis.

“Titik asnya ini adalah titik dari jalan provinsi dan kabupaten. Di bagian jalan provinsi merupakan Desa Bukit Batu sedangkan untuk jalan as kabupaten itu Desa Pangkalan Batang Barat. Kalau dari as jalan provinsi ke kabupaten itu 8,9 KM. Kemudian untuk bentangan jembatannya 7,6 KM,” jelasnya.

Lebih lanjut, ia berharap pembangunan jembatan ini bisa terlaksana secepatnya. Karena dengan adanya jembatan penghubung Pulau Bengkalis, tentu saja dapat memberikan dampak positif terhadap aktivitas ekonomi dan sosial masyarakat yang lebih berkembang.

“Kami dari pemerintah Kabupaten Bengkalis, di masa kepemimpinan Ibu Kasmarni dan Bapak Bagus, sangat mendukung percepatan proses pembangunan jembatan ini. Kami terus bersinergi dengan Pemerintah Provinsi Riau. Harapannya semoga ini segera terlaksana, dengan adanya investor dari China, mudah-mudahan ini bisa lebih cepat proses pengerjaannya,” pungkasnya. (GALERI)

#Pemprov Riau

Follow WhatsApp Channel RiauAktual untuk update berita terbaru setiap hari
Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index