Roni Rakhmat Ditunjuk sebagai Plt Kepala Disdik Riau

Roni Rakhmat Ditunjuk sebagai Plt Kepala Disdik Riau
Roni Rakhmat

Riauaktual.com - Penjabat (Pj) Gubernur Riau SF Hariyanto telah menunjuk Roni Rakhmat, yang saat ini menjabat sebagai Kepala Dinas Pariwisata Riau, sebagai Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Pendidikan Riau.

Penunjukan ini dilakukan setelah Kepala Dinas Pendidikan sebelumnya, TFT, ditetapkan sebagai tersangka dalam kasus dugaan korupsi anggaran di Sekwan DPRD Riau. Mulai hari ini, Roni Rakhmat akan merangkap dua jabatan tersebut.

"Plt Kepala Dinas Pendidikan Riau Roni Rakhmat (Kepala Dispar Riau). Surat tugasnya terhitung mulai hari ini," kata Pj Gubri SF Hariyanto pada Kamis (16/5/2024).

Penunjukan Roni Rakhmat sebagai Plt Kadisdik dilakukan setelah Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau menerima surat resmi penahanan TFT dari Kejaksaan Tinggi (Kajati) Riau. Pemprov Riau kemudian memberhentikan sementara TFT karena yang bersangkutan sedang menjalani proses hukum.

Pj Sekretaris Daerah Provinsi (Sekdaprov) Riau, Indra, menyatakan bahwa masa jabatan Plt Kadisdik Riau adalah tiga bulan dan dapat diperpanjang sekali.

"Artinya jabatan Plt Kadisdik Riau bisa sampai enam bulan. Karena bisa diperpanjang satu kali. Tiga bulan pertama karena penunjukan dan tiga bulan berikutnya karena perpanjangan," jelasnya.

Indra meminta Roni Rakhmat segera menjalankan tugas yang diamanahkan oleh Pj Gubernur Riau.

"Sesuai arahan pimpinan agar Plt Kadisdik segera menjalankan tugas sesuai aturan yang berlaku. Karena ke depan akan banyak tugas-tugas yang harus diselesaikan, seperti Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) SMA/SMK negeri di Riau," katanya.

Selain PPDB, tugas Plt Kadisdik Riau juga mencakup menggesa kegiatan yang bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Riau maupun Dana Alokasi Khusus (DAK).

"Termasuk menyelesaikan Surat Keputusan (SK) Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) guru SMA/SMK di kabupaten/kota se-Riau," tambahnya.

#Pendidikan

Follow WhatsApp Channel RiauAktual untuk update berita terbaru setiap hari
Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index